Modul Pengembangan Profesi (Diklat Calon Pengawas Sekolah)

Modul Pengembangan Profesi (Diklat Calon Pengawas Sekolah) - Halo sobat BelajarMadrasah.com, pada postingan ini saya akan berbagi Modul Pengembangan Profesi 2018 (Diklat Calon Pengawas dan Penguatan Pengawas Sekolah) yang tentunya bisa anda unduh secara gratis.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah melakukan Pendidikan dan Pelatihan Fungsional Calon Pengawas dan Penguatan Kompetensi Pengawas telah menerbitkan modul Pengelolaan Tugas Pengembangan Profesi sebagai bahan pembelajaran dalam diklat calon pengawas sekolah tahun 2018.

Modul Pengembangan Profesi disajikan tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Apabila pengawas sekolah menghendaki melakukan penelitian deskriptif ataupun penelitian eksperimen, diharapkan tetap ada tindakan yang dapat memecahkan masalah di sekolah binaannya.


Modul Pengembangan Profesi terbaru edisi 2018 ini juga mengintegrasikankan nilai-nilai utama Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), yaitu: religiusitas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas, yang merupakan kristalisasi dari 18 nilai karakter yang terintegrasi dalam kurikulum. Nilai-nilai karakter dimaksud mencakup nilai karakter religiusitas yang mencerminkan keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang diwujudkan dalam perilaku untuk melaksanakan ajaran agama dan kepercayaan yang dianut; menghargai perbedaan agama; menjunjung tinggi sikap toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama dan kepercayaan lain; hidup rukun dan damai dengan pemeluk agama lain. Nilai karakter religius mencakup 3 (tiga) dimensi relasi, yaitu: relasi individu dengan Tuhan, relasi individu dengan sesama, dan relasi individu dengan alam semesta (lingkungan).

Modul Pengembang Profesi Pengawas Sekolah ini terintegrasi dengan lima nilai utama PPK diharapkan dapat memberi pemahaman dan melengkapi kompetensi pengembangan profesi pengawas sekolah sehingga lebih mampu melakukan pengembangan dalam hal menghasilkan Karya Tulis/Karya Ilmiah maupun Karya Inovatif serta memiliki kemampuan dalam membimbing kepala sekolah dan guru dalam melakukan penelitian tindakan.

Pengembangan profesi pengawas sekolah terdiri atas 3 (tiga) yakni:

  1. Pembuatan Karya Tulis/Karya Ilmiah di Bidang Pendidikan Formal/Pengawasan,
  2. Penerjemahan/Penyaduran Buku,
  3. Karya Inovatif. Secara detail penjelasan berbagai kegiatan pengembangan, kualitas yang ditetapkan, bentuk publikasi yang diperbolehkan serta angka kredit pada masing-masing unsur.

Selengkapnya, bagi anda yang belum memiliki Modul Pengembangan Profesi Diklat Calon Pengawas Sekolah Tahun 2018 bisa mengunduhnay melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini

Modul Pengembangan Profesi 2018.pdf, Unduh

Demikian Modul Pengembangan Profesi (Diklat Calon Pengawas dan Penguatan Pengawas Sekolah) yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.

0 Response to "Modul Pengembangan Profesi (Diklat Calon Pengawas Sekolah)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel