119 Bukti Fisik Akreditasi SD/MI 2018 Standar Isi: Instrumen 1-10 Lengkap Dengan Penjelasannya
119 Bukti Fisik Akreditasi SD/MI 2018 Standar Isi: Instrumen 1-10 Lengkap Dengan Penjelasannya. Akreditasi sekolah merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Nasional-Standar Minimal (BAN-SM). Tujuannya untuk menjaga kualitas suatu lembaga pendidikan formal sehingga paling tidak lembaga tersebut memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) terhadap masyarakat.
Dalam artikel ini dibahas mengenai bukti fisik akreditasi yang harus disiapkan oleh sekolah berkaitan dengan 8 Standar Akreditasi. Disini yang dibahas adalah Standar 1 yaitu Standar Isi. Untuk lebih jelasnya mari kita mulai saja.
STANDAR ISI
No Instrumen 1
Bukti Fisik
1. Dokumen :
a) Perangkat pembelajaran yang disusun guru sesuai dengan tingkat kompetensi pada kompetensi sikap sepiritual di SD/MI
Perangkat Pembelajaran terdiri atas : 1. Prota dan Prosem, 2. Silabus, 3 RPP, 4.Buku Guru Dan buku Siswa, 5 Alat Evaluasi dan Buku Nilai (Sikap Spiritual Siswa)
b) Hasil Kegiatan PKB di KKG tentang Kompetensi sikap spiritual Siswa/Pengauatan Pendidikan Karakter Siswa
Notulen KKG tentang pembahasan pemetaan kompetensi sikap sepiritual/pendidikan karakter
c) Rancangan dan hasil Penilaian sikap Spiritual , berupa Jurnal Penilaian, Dokumen Obsevasi, Penilaian Diri, dan Penilaian Antar Teman
Program penilaian/evaluasi dan hasil penilaian sikap spiritual
d) Program Kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler berupa kegiatan keagamaan misalnya : Pesantren kilat, Ceramah Keagamaan, baca tulis Alquran, Retret atau kegiatan lainnya
Bukti fisiknya berupa Program kegiatan, Bukti pelaksanaan ( jadwal, daftar hadir, foto dokumen, evaluasi pelaksanaan)
2. Wawancara dengan Guru Kelas/Guru Mapel
Pedoman wawancara :
1. Pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2. Keteladanan, pembiasaan dan budaya sekolah/madarosah
No Instrumen 2
Bukti Fisik
1. Dokumen
a) Perangkat pembelajaran yang disusun guru sesuai dengan tingkat kompetensi pada kompetensi sikap sepiritual di SD/MI
Perangkat Pembelajaran terdiri atas : 1. Prota dan Prosem, 2. Silabus, 3 RPP, 4.Buku Guru Dan buku Siswa, 5 Alat Evaluasi dan Buku Nilai(sikap Sosial)
b) Hasil Kegiatan PKB di KKG tentang Kompetensi sikap sosial Siswa/Penguatan Pendidikan Karakter Siswa
Notulen KKG tentang pembahasan pemetaan kompetensi sikap sosial/pendidikan karakter
c) Rancangan dan hasil Penilaian sikap Sosial , berupa Jurnal Penilaian, Dokumen Obsevasi, Penilaian Diri, dan Penilaian Antar Teman
Program penilaian/evaluasi dan hasil penilaian sikap sosial
d) Program dan Hasil Kegiatan Ekstrakurikuler berupa kegiatan krida, misalnya : Keramukaan, PMR, UKS, Paskibra, dan lainnya. Latihan olah bakat latihan olah minat, misalnya : Pengembangan bakat olah raga, seni dan budaya dan lain-lain.
Bukti fisiknya berupa Program kegiatan, Bukti pelaksanaan ( jadwal, daftar hadir, foto dokumen, evaluasi pelaksanaan)
2. Wawancara dengan guru kelas/Mapel tentang perangkat pembelajaran guru yang memuat tentang pelaksanaan kompetensi sikap sosial
Pedoman wawancara:
Menanyakan tentang perangkat pembelajaran yang memuat sikap kejujuran, kedisiplinan, sopan santun, percaya diri, peduli dan bertanggungjawab.
No Instrumen 3
Bukti Fisik
1. Dokumen
a) Perangkat pembelajaran guru yang disusun sesuai dengan tingkat kompetensi Inti 3( Pengetahuan ) dan Kompetensi Dasar
Perangkat Pembelajaran terdiri atas : 1. Prota dan Prosem, 2. Silabus, 3 RPP, 4.Buku Guru Dan buku Siswa, 5 Alat Evaluasi dan Buku Nilai untuk kompetensi pengetahuan
b) Hasil Kegiatan PKB di KKG tentang Kompetensi Pengetahuan Siswa
Notulen KKG tentang pembahasan Pemetaan kompetensi Pengetahuan Siswa
c) Program Kegiatan Ekstrakurikuler berupa Kegiatan Ilmiah Remaja(KIR), Kegiatan penguasaan keilmuan, kemampuan akademik, dan lainnya.
Untuk SD/MI Les mapel dan pembinaan lomba akademik
2. Wawancara dengan guru kelas/ Mapel tentang kompetensi inti pengetahuan dan kompetensi dasar pada setiap mapel
No Instrumen 4
Bukti Fisik
1. Dokumen
a) Perangkat pembelajaran guru yang disusun sesuai dengan tingkat kompetensi Inti 4( Keterampilan) dan Kompetensi Dasar
Perangkat Pembelajaran terdiri atas : 1. Prota dan Prosem, 2. Silabus, 3 RPP, 4.Buku Guru Dan buku Siswa, 5 Kegiatan intra kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, 6 Alat Evaluasi dan Buku Nilai untuk kompetensi keterampilan
b) Buku Pelajaran
Memeriksa buku pelajaran yang ada di sekolah dari kelas 1 sampai kelas 6, memenuhi perbandingan 1:1 atau tidak.
c) Hasil tugas intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
d) Penilaian ketrampilan berupa penilaian kinerja, proyek dan portopolio, berupa kegiatan pengamatan guru seperti menyanyi, bermain peran dan menari, atau produk siswa seperti poster, karangan, puisi dan lain-lain.
2. Wawancara dengan guru kelas/ Mapel tentang kompetensi inti Ketrampilan dan kompetensi dasar pada setiap mapel
No Instrumen 5
Bukti Fisik Khusus Mapel PAI
1. Dokumen
a) Prota dan Prosem.
b) Perangkat Pembelajaran
c) buku yang digunakan oleh Guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
d) Hasil Kegiatan PKB di KKG tentang Kompetensi Pengetahuan siswa
2. Wawancara Terhadap minimal 3 siswa dari kelas yang berbeda.
No Instrumen 6
Bukti Fisik
1. Dokumen
a) Perangkat Pembelajaran Tematik Terpadu pada setiap Kelas setiap semester.
RPP Tematik terpadu pada setiap kelas tiap semester
b)Silabus dan RPP Pembelajaran Tematik Terpdu pada semua tingkat kelas dan kesesuaiannya dengan buku guru dan buku siswa.
Pemeriksaan kesesuaian antara silabus, RPP dengan buku guru dan buku siswa
c) Hasil Kegiatan PKB di KKG tentang Kompetensi Pengetahuan Siswa
Memeriksa notulen KKG yang membahas tentang kompetensi pengetahuan
2. Wawancara Terhadap minimal 3 siswa dari kelas IV, V dan VI
Pedoman Wawancara : Menayakan kepada siswa tentang pelaksanaan pembelajaran tematik di sekolah
No Instrumen 7
Bukti Fisik
1. SK Penetapan Tim Pengembang Kurikulum Sekolah/Madrasah
Download SK Penetapan Tim Pengembang Kurikulum Sekolah/Madrasah
2. Daftar Hadir Kegiatan Pengembangan Kurikulum
3. Daftar Hadir Nara Sumber
4. Berita Acara Pengembangan Kurikulum
Download Berita Acara Pengembangan Kurikulum
5. Notulen Rapat Pengembangan Kurikulum
No Instrumen 8
Bukti Fisik
1. Dokumen KTSP bagian Kerangka Dasar sesuai dengan Pedoman Pengembangan KTSP
Memeriksa Kerangka Dasar KTSP yang meliputi : 1) Perumusan Visi Missi dan Tujuan sekolah, 2) Pengorganisasian muatan kurikuler sekolah, 3) Pengaturan beban belajar siswa dan beban kerja guru pada tingkat kelas, 4) Penyususnan Kaldik Sekolah, 5) Penyusunan silabus muatan atau mapel Mulok, 6) Penyusunan RPP Seiap Mupel
2. Dokumen Silabus mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, dan silabus Mata Pelajaran lainnyatermasuk muatan lokaldalam betuk soft copy dan hard copy
Memeriksa dokumen kurikulum muatan lokal yang ada di sekolah
No Instrumen 9
Bukti Fisik
Dokumen KTSP yang telah disahkan Oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten
Memeriksa dokumen kurikulum yang berlaku ditahun berjalan dan tahun sebelumnya.
No Instrumen 10
Bukti Fisik
1. Struktur kurikulum di sekolah/madarosah
2. Dokumen penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri
Memeriksa Program Kegiatan mandiri terstruktur dan Program mandiri tidak terstruktur, bukti pelaksanaan (hasil kerja siswa).
Download Program Terstruktur dan Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
3. Jadwal pelajaran, Daftar hadir, dan RPP
4. Hasil belajar seni budaya, prakarya dan kewirausahaan
Memeriksa bukti foto dokumen seni budaya, hasil karya siswa dan hasil kewirausahaan
5. Laporan kegiatan pengembangan diri dan ekstrakurikuler
Memeriksa laporan kegiatan pengembangan diri dan ekstrakurikuler yang menerangkan terlaksananya atau tidak terlaksananya suatu program
Sumber https://www.anekapendidikan.com/
Dalam artikel ini dibahas mengenai bukti fisik akreditasi yang harus disiapkan oleh sekolah berkaitan dengan 8 Standar Akreditasi. Disini yang dibahas adalah Standar 1 yaitu Standar Isi. Untuk lebih jelasnya mari kita mulai saja.
STANDAR ISI
No Instrumen 1
Bukti Fisik
1. Dokumen :
a) Perangkat pembelajaran yang disusun guru sesuai dengan tingkat kompetensi pada kompetensi sikap sepiritual di SD/MI
Perangkat Pembelajaran terdiri atas : 1. Prota dan Prosem, 2. Silabus, 3 RPP, 4.Buku Guru Dan buku Siswa, 5 Alat Evaluasi dan Buku Nilai (Sikap Spiritual Siswa)
b) Hasil Kegiatan PKB di KKG tentang Kompetensi sikap spiritual Siswa/Pengauatan Pendidikan Karakter Siswa
Notulen KKG tentang pembahasan pemetaan kompetensi sikap sepiritual/pendidikan karakter
c) Rancangan dan hasil Penilaian sikap Spiritual , berupa Jurnal Penilaian, Dokumen Obsevasi, Penilaian Diri, dan Penilaian Antar Teman
Program penilaian/evaluasi dan hasil penilaian sikap spiritual
d) Program Kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler berupa kegiatan keagamaan misalnya : Pesantren kilat, Ceramah Keagamaan, baca tulis Alquran, Retret atau kegiatan lainnya
Bukti fisiknya berupa Program kegiatan, Bukti pelaksanaan ( jadwal, daftar hadir, foto dokumen, evaluasi pelaksanaan)
2. Wawancara dengan Guru Kelas/Guru Mapel
Pedoman wawancara :
1. Pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2. Keteladanan, pembiasaan dan budaya sekolah/madarosah
No Instrumen 2
Bukti Fisik
1. Dokumen
a) Perangkat pembelajaran yang disusun guru sesuai dengan tingkat kompetensi pada kompetensi sikap sepiritual di SD/MI
Perangkat Pembelajaran terdiri atas : 1. Prota dan Prosem, 2. Silabus, 3 RPP, 4.Buku Guru Dan buku Siswa, 5 Alat Evaluasi dan Buku Nilai(sikap Sosial)
b) Hasil Kegiatan PKB di KKG tentang Kompetensi sikap sosial Siswa/Penguatan Pendidikan Karakter Siswa
Notulen KKG tentang pembahasan pemetaan kompetensi sikap sosial/pendidikan karakter
c) Rancangan dan hasil Penilaian sikap Sosial , berupa Jurnal Penilaian, Dokumen Obsevasi, Penilaian Diri, dan Penilaian Antar Teman
Program penilaian/evaluasi dan hasil penilaian sikap sosial
d) Program dan Hasil Kegiatan Ekstrakurikuler berupa kegiatan krida, misalnya : Keramukaan, PMR, UKS, Paskibra, dan lainnya. Latihan olah bakat latihan olah minat, misalnya : Pengembangan bakat olah raga, seni dan budaya dan lain-lain.
Bukti fisiknya berupa Program kegiatan, Bukti pelaksanaan ( jadwal, daftar hadir, foto dokumen, evaluasi pelaksanaan)
2. Wawancara dengan guru kelas/Mapel tentang perangkat pembelajaran guru yang memuat tentang pelaksanaan kompetensi sikap sosial
Pedoman wawancara:
Menanyakan tentang perangkat pembelajaran yang memuat sikap kejujuran, kedisiplinan, sopan santun, percaya diri, peduli dan bertanggungjawab.
No Instrumen 3
Bukti Fisik
1. Dokumen
a) Perangkat pembelajaran guru yang disusun sesuai dengan tingkat kompetensi Inti 3( Pengetahuan ) dan Kompetensi Dasar
Perangkat Pembelajaran terdiri atas : 1. Prota dan Prosem, 2. Silabus, 3 RPP, 4.Buku Guru Dan buku Siswa, 5 Alat Evaluasi dan Buku Nilai untuk kompetensi pengetahuan
b) Hasil Kegiatan PKB di KKG tentang Kompetensi Pengetahuan Siswa
Notulen KKG tentang pembahasan Pemetaan kompetensi Pengetahuan Siswa
c) Program Kegiatan Ekstrakurikuler berupa Kegiatan Ilmiah Remaja(KIR), Kegiatan penguasaan keilmuan, kemampuan akademik, dan lainnya.
Untuk SD/MI Les mapel dan pembinaan lomba akademik
2. Wawancara dengan guru kelas/ Mapel tentang kompetensi inti pengetahuan dan kompetensi dasar pada setiap mapel
No Instrumen 4
Bukti Fisik
1. Dokumen
a) Perangkat pembelajaran guru yang disusun sesuai dengan tingkat kompetensi Inti 4( Keterampilan) dan Kompetensi Dasar
Perangkat Pembelajaran terdiri atas : 1. Prota dan Prosem, 2. Silabus, 3 RPP, 4.Buku Guru Dan buku Siswa, 5 Kegiatan intra kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, 6 Alat Evaluasi dan Buku Nilai untuk kompetensi keterampilan
b) Buku Pelajaran
Memeriksa buku pelajaran yang ada di sekolah dari kelas 1 sampai kelas 6, memenuhi perbandingan 1:1 atau tidak.
c) Hasil tugas intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
d) Penilaian ketrampilan berupa penilaian kinerja, proyek dan portopolio, berupa kegiatan pengamatan guru seperti menyanyi, bermain peran dan menari, atau produk siswa seperti poster, karangan, puisi dan lain-lain.
2. Wawancara dengan guru kelas/ Mapel tentang kompetensi inti Ketrampilan dan kompetensi dasar pada setiap mapel
No Instrumen 5
Bukti Fisik Khusus Mapel PAI
1. Dokumen
a) Prota dan Prosem.
b) Perangkat Pembelajaran
c) buku yang digunakan oleh Guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
d) Hasil Kegiatan PKB di KKG tentang Kompetensi Pengetahuan siswa
2. Wawancara Terhadap minimal 3 siswa dari kelas yang berbeda.
No Instrumen 6
Bukti Fisik
1. Dokumen
a) Perangkat Pembelajaran Tematik Terpadu pada setiap Kelas setiap semester.
RPP Tematik terpadu pada setiap kelas tiap semester
b)Silabus dan RPP Pembelajaran Tematik Terpdu pada semua tingkat kelas dan kesesuaiannya dengan buku guru dan buku siswa.
Pemeriksaan kesesuaian antara silabus, RPP dengan buku guru dan buku siswa
c) Hasil Kegiatan PKB di KKG tentang Kompetensi Pengetahuan Siswa
Memeriksa notulen KKG yang membahas tentang kompetensi pengetahuan
2. Wawancara Terhadap minimal 3 siswa dari kelas IV, V dan VI
Pedoman Wawancara : Menayakan kepada siswa tentang pelaksanaan pembelajaran tematik di sekolah
No Instrumen 7
Bukti Fisik
1. SK Penetapan Tim Pengembang Kurikulum Sekolah/Madrasah
Download SK Penetapan Tim Pengembang Kurikulum Sekolah/Madrasah
2. Daftar Hadir Kegiatan Pengembangan Kurikulum
3. Daftar Hadir Nara Sumber
4. Berita Acara Pengembangan Kurikulum
Download Berita Acara Pengembangan Kurikulum
5. Notulen Rapat Pengembangan Kurikulum
No Instrumen 8
Bukti Fisik
1. Dokumen KTSP bagian Kerangka Dasar sesuai dengan Pedoman Pengembangan KTSP
Memeriksa Kerangka Dasar KTSP yang meliputi : 1) Perumusan Visi Missi dan Tujuan sekolah, 2) Pengorganisasian muatan kurikuler sekolah, 3) Pengaturan beban belajar siswa dan beban kerja guru pada tingkat kelas, 4) Penyususnan Kaldik Sekolah, 5) Penyusunan silabus muatan atau mapel Mulok, 6) Penyusunan RPP Seiap Mupel
2. Dokumen Silabus mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, dan silabus Mata Pelajaran lainnyatermasuk muatan lokaldalam betuk soft copy dan hard copy
Memeriksa dokumen kurikulum muatan lokal yang ada di sekolah
No Instrumen 9
Bukti Fisik
Dokumen KTSP yang telah disahkan Oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten
Memeriksa dokumen kurikulum yang berlaku ditahun berjalan dan tahun sebelumnya.
No Instrumen 10
Bukti Fisik
1. Struktur kurikulum di sekolah/madarosah
2. Dokumen penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri
Memeriksa Program Kegiatan mandiri terstruktur dan Program mandiri tidak terstruktur, bukti pelaksanaan (hasil kerja siswa).
Download Program Terstruktur dan Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
3. Jadwal pelajaran, Daftar hadir, dan RPP
4. Hasil belajar seni budaya, prakarya dan kewirausahaan
Memeriksa bukti foto dokumen seni budaya, hasil karya siswa dan hasil kewirausahaan
5. Laporan kegiatan pengembangan diri dan ekstrakurikuler
Memeriksa laporan kegiatan pengembangan diri dan ekstrakurikuler yang menerangkan terlaksananya atau tidak terlaksananya suatu program
0 Response to "119 Bukti Fisik Akreditasi SD/MI 2018 Standar Isi: Instrumen 1-10 Lengkap Dengan Penjelasannya"
Post a Comment