Tiga Hal Akan Pergi Dan Tiga Hal Pasti Akan Datang

Tiga Hal Akan Pergi Dan Tiga Hal Pasti Akan Datang
Datang dan pergi adalah satu hal yang tidak bisa terpisahkan. Disetiap moment keduanya selau beriringan. Maka kita perlu mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan pergi dan datang agar engkau tidak terkejut dan dapat mempersiapkan segala sesuatunya berkaitan dengan "apa yang akan pergi" dari kita dan "apa yang akan datang" pada kita.

Artikel ini ditulis sebagai pengingat sekaligus sebagai nasehat pada diri saya khususnya dan pembaca artikel ini pada umumnya. Sehingga kita dalam menjalani hidup ini selalu berpegang teguh pada jalan kebenaran dan keridhaan Allah Ta'ala.
Tiga Hal Akan Pergi Dan Tiga Hal Pasti Akan Datang Tiga Hal Akan Pergi Dan Tiga Hal Pasti Akan Datang
Dalam sebuah Hadits Qudsi dijelaskan " Hiduplah sesukamu, sungguh bagaimanapun engkau pasti akan mati. Cintailah apa saja sesukamu, sungguh bagaimanapun engkau pasti akan berpisah dengannya. Berbuatlah sesukamu, sungguh bagaimanapun engkau pasti akan mendapatkan balasan".

Tiga hal yang akan pergi yaitu:
1. Hidup
Kehidupanmu di dunia ini hanyalah sementara, ingatlah selalu. jangan engkau terlena dengan keindahan dan gemerlapnya dunia. harta (uang, emas, berlian, sawah, ladang), tahta/jabatan, dan keindahan wanita, semuanya akan kita tinggalkan dan akan pergi.

Harta yang kita cari, kita kumpulkan, kita dapatkan, bahkan dengan berbagai cara dan upaya. Banyak dari Mereka yang berusaha mendapatkan harta dengan jalan yang haram dan tidak perduli dengan aturan, yang penting mendapatkan harta sebanyak-banyaknya, dengan cara menipu, merampok, mencuri, korupsi. Sungguh Mereka tidak ingat dan lupa bahwa harta yang mereka cari dan kumpulkan akan Mereka tinggalkan.

Kita hanya diberi satu kesempatan dan waktu intuk hidup di dunia ini. Maka gunakanlah waktu tersebut sebaik-baiknya untuk mecari dan mengumpulkan bekal di akherat nanti.

2. Cinta
Rasa cinta yang kita terhadap dunia ini, (Cinta pada wanita, teman, orangtua, harta, benda, tahta/jabatan dan lain-lain), ingatlah semuanya akan pergi dari kita pada saatnya nanti.Janganlah kita terlalu mencintai sesuatu, karena sesungguhnya nanti akan pergi dari kita atau Kita yang akan meninggalkan apa yang kita cintai di dunia ini.

3. Semua perbuatan dan perkataan
Semua perbuatan Kita di dunia ini, semuanya akan pergi bersamaan dengan kepergianmu dari dunia ini. Perbuatan yang telah kita lakukan tidak akan bisa kita tarik lagi, karena itu berpikirlah sebelum berbuat sesuatu.
Perkataan yang telah kita keluarkan dari mulut kita tidak akan bisa kita tarik lagi. Karena itu berpikirlah sebelum berkata, jangan sampai perkataanmu menjadikan masalah dan bencana bagimu.

Tiga Hal Yang pasti datang yaitu:
1. Kematian
Kematian adalah pemutus kelezatan dan kenikmatan dunia.
Kematian adalah penghancur kesombongan manusia dan syetan.
Kematian adalah akhir dari sebuah kehidupan. Maka bersiaplah menghadapi kematianmu.
Allah Ta’ala berfirman:

كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ الْمَوْتِ وَنَبْلُوكُم بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan” (QS al-Anbiya‘ [21]: 35)

Kematian pasti akan menjemputmu. Segagah apapun engkau, secantik apapun engkau, sekaya apapun engkau, sehebat apapun engkau, sekuat apapun engkau pasti tidak akan mampu menghalangi datangnya kematian yang menjemputmu. Karena itu janganlah engkau sombong di dunia ini, karena sebenarnya engkau tidak berdaya dan tidak mempunyai apa-apa. Semua yang engkau punyai saat ini hanyalah pemberian Allah SWT, titipan-Nya dan suatu saat nanti akan diambil olen-Nya.

Lalu apa yang engkau sombongkan? sadarlah kawan!

2. Perpisahan
Berpisah dengan dunia ini itu pasti, maka perpisahan dengan semua yang engkau cintai, sayangi, benci pasti akan terjadi. Engkau tinggal menghitung menit, jam, hari, minggu, bulan atau tahun saja dan bersiaplah menghadapi perpisahan.
Yang paling menakutkan dari perpisahan adalah ketakutan. Takut apakah ditempat baru akan mendapat tempat yang menyenangkan, takut apakah di sana akan mendapat ketenangan, takut apakah di sana akan mendapatkan kedamaian, dan rasa takut lainnya.
Tapi, engkau tidak akan takut dengan perpisahan apabila engkau telah menyadari dan mempersiapkan segala sesuatunya. Telah menyiapkan bekal menghadapi perpisahan dengan kehidupan ini.

3. Pembalasan
Allah berfirman,  لَقَدْ أَحْصَاهُمْ وَعَدَّهُمْ عَدًّا 94 وَكُلُّهُمْ آتِيهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَرْدًا 95
“Sesungguhnya Allah telah menentukan jumlah mereka dan menghitung mereka dengan hitungan yang teliti. Dan tiap-tiap mereka akan datang kepada Allah pada hari kiamat dengan sendiri-sendiri.” (Maryam: 94-95).

(Sesungguhnya Allah telah menentukan jumlah mereka dan menghitung mereka dengan hitungan yang teliti) maka tidak samar bagi-Nya mengenai jumlah mereka secara keseluruhan atau pun secara rinci dan tiada seorang pun yang terlewat dari perhitungan-Nya.

(Dan tiap-tiap mereka akan datang kepada Allah pada hari kiamat dengan sendiri-sendiri) tanpa harta dan tanpa pembantu yang dapat membelanya.

Maka Apakah engkau telah siap dengan hari pembalasan yang pasti akan menghadangmu? Takutlah pada Allah SWT, karena pengadilah-Nya tidak akan pernah salah.
Akhirnya,  semoga kita selalu berhati-hati dalam menjalani hidup ini dan selalu mendapat petunjuk-Nya.
Sumber https://www.anekapendidikan.com/

0 Response to "Tiga Hal Akan Pergi Dan Tiga Hal Pasti Akan Datang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel