Cara Membuat Blog Gratis dan Paling Mudah untuk Pemula

Tutorial Membuat Blog_Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah untuk Pemula_Anda ingin punya blog pribadi, ingin membuat website/blog desa, blog sekolah, dan/atau web/blog untuk instansi lainnya, namun belum tahu caranya?, ya ya ya tidak masalah sob, karena di halaman ini Admin sajikan tutorial membuat blog secara gamblang. Oleh karena itu, usahakan luangkan waktu beberapa menit untuk membaca dengan serius dan sebaiknya langsung dipraktikkan saja sob, agar ketika sudah selesai  membaca "Panduan Lengkap Membuat Blog Baru di Platform Blogger/Blogspot" di halaman ini, maka saat ini juga sobat sudah selesai dalam membuat blog gratisan. Oh ya, sebelum ke inti tutorial pembuatan blog, ada baiknya Anda membaca kembali tentang blog seperti ulasan di bawah ini.

Apa itu blog?, BLOG singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Sebuah blog atau web log adalah situs web pribadi terdiri dari ulasan yang biasanya pendek, posting teratur yang diatur secara kronologis.

Isi dan tujuan blog sangat bervariasi dari link dan komentar tentang situs web lain untuk pengamatan tentang buku harian si penulis, info terbaru dan aktual, foto, video, puisi, tutorial, info gadget, dan lain sebagainya.
Perlu Admin sampaikan di sini bahwa istilah "Blogger" bisa mengandung 2 pengertian yakni blogger dengan maksud www.blogger.com dan blogger dengan maksud orang yang mengelola blog/admin blog, jadi tergantung kontek kalimatnya.
Membuat blog di Blogger merupakan pilihan paling tepat bagi semua orang yang ingin memiliki blog gratisan dengan tujuan sebagai media berbagi ilmu pengetahuan maupun informasi.

Sahabat calon Admin blog ( Blogger ), pada halaman ini sengaja Admin buat tutorial lengkap tentang cara membuat blog gratis dan mudah khusus untuk pemula.

Oleh karena itu pembahasan ini saya buat dari nol sampai jadi blog. Istilahnya, tutorialnya dari akar-akarnya sampai mendetail ke daunnya. Jadi, santai saja karena pembuatan blog dengan sub domain blogspot dapat dilakukan sendiri dengan mudah dan cepat, jadi silakan buktikan!, ikuti langkah demi langkah tentang bagaimana membuat blog gratis yang Admin tuliskan di halaman ini.

Tutorial membuat blog di blogger ini juga saya lengkapi dengan gambar-gambarnya dari langkah pertama sampai selesai. Jadi, jika Anda mengikuti tutorial membuat blog dengan benar, maka Admin yakin sobat akan berhasil membuat blog baru dengan waktu 3-5 menit.
Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah untuk Pemula Cara Membuat Blog Gratis dan Paling Mudah untuk Pemula

Bagaimana Cara Membuat Blog?
Apakah benar membuat blog bisa gratis?, ya benar banget membuat blog bisa gratis selamanya. Ada beberapa layanan gratis, salah satunya di  layanan  platfrom Blogger yakni di www.bogger.com.

Calon Blogger, walaupun layanan gratis membuat blog tidak hanya di www.blogger.com saja, akan tetapi pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman khusus tentang cara daftar blog gratis di blogger, yang mana alamat blog kita nanti ada embel-embel blogspot.com/blogspot.co.id. Adapun jika suatu saat nanti Anda ingin memiliki blog dengan ekstensi embel-embel dot com, maka Anda bisa mengubahnya dengan cara yang sangat mudah.
Artikel terkait: Cara Mengganti Domain Blogspot Menjadi Com
Jadi, bagi Anda yang sudah punya rencana membuat blog gratis pakai blogspot, ada baiknya persiapan kata-kata yang kiranya unik untuk dijadikan alamat url blognya.

Seperti kita ketahui bersama bahwa alamat, judul, dan artikel yang mau dipostingkan sebaiknya ada keterkaitannya, namun di sini saya tidak menuliskan tentang itu karena saya sudah yakin bahwa Anda sudah memahami tentang kerangka membuat karangan/artikel.

Sobat Pembaca dan Calon Blogger, beberapa menit ke depan Anda akan memiliki blog, oleh karenanya saya mengucapkan "Selamat bagi Anda atas ketertarikannya untuk membuat web/blog". Mengapa saya mengucupakan selamat kepada Anda?, karena saya yakin saat ini Anda ingin segera membuat blog sebagai terobosan baru setelah Anda memiliki berbagai media sosial lainnya.

Sahabat, saya sangat mendukung keinginan Anda untuk membuat blog. Mengapa demikian?, karena memiliki blog adalah hal yang berharga, karena dengan blog, Anda dapat berbagi hal positif apapun yang Anda suka seperti berbagi ilmu pengetahuan, cerita tentang pengalaman sehari-hari Anda, cerita tentang hobi Anda, dan sebagainya ( ingat!!!, blog tidak boleh dimanfaatkan untuk hal yang berbau p0rn0grafi, berbau saja tidak boleh apalagi yang p0rn0g*rafi ).

Jadi, dengan blog, Anda bisa  mengekspresikan diri Anda yakni dengan cara menuangkan ide hebat Anda di artikel-artikel menarik pada blog kesayangan Anda.

Ahaa, ternyata kalimat pengantarnya sudah cukup panjang, kini saatnya masuk ke pembahasan inti yakni tutorial membuat blog.

Cara Terbaru dan Termudah Membuat Blog Gratis di Blogger

Langkah-Langkah Membuat Blog Baru

Tutorial ini Berisi 9 Langkah Terbaru dan Termudah Membuat Blog Baru secara Gratis di Blogspot pada Tampilan Dasbor Blogger Versi Terbaru, silakan simak dengan seksama tentang pembahasannya sebagai berikut.

Tampilan dashboard blogger terbaru (per 22 November 2016) berbeda dengan tampilan dasbor blogger versi lama.

Dengan adanya beberapa perubahan tampilan menu pada dasbor Blogger terbaru, maka di halaman ini Admin tuliskan langkah-langkah membuat blog di platform blogger versi terbaru juga.

Namun, sebelum Anda mengikuti tutorial pembuatan blog gratis di blogger, pastikan dulu bahwa Anda sudah memiliki akun google/email gmail, karena syarat utama membuat blog di blogspot adalah harus mempunyai email gmail. Artikel terkait, baca Cara Cepat Membuat Akun Google/Email Gmail

Nah, jika Anda sudah memiliki email gmail, silakan langsung saja Anda login di https://accounts.google.com/Login?hl=id , setelah Anda berhasil login akun google, untuk memulai membuat blog di blogger.com, silakan ikuti langkah-langkah mudah membuat blog sebagai berikut.

Sembilan (9) Langkah Membuat Blog Gratis di Blogspot pada Tampilan Dasbor Blogger Terbaru:

1. Kunjungi www.blogger.com , kemudian klik "CREATE YOUR BLOG"

Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah untuk Pemula Cara Membuat Blog Gratis dan Paling Mudah untuk Pemula

2. Masukkan Kembali sandi Email Gmail/Akun Google Anda, kemudian klik "Masuk"
Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah untuk Pemula Cara Membuat Blog Gratis dan Paling Mudah untuk Pemula
  • Pastikan password email gmail yang Anda masukkan benar
  • Klik "Masuk"
3. Buat Profil Google+
Selamat datang di Blogger
Konfirmasikan Profil Anda
Di bawah ini adalah profil yang akan ditampilkan kepada pembaca saat mereka melihat pos Anda. Penggunaan Profil Google+ akan memberi Anda identitas di properti Google dan menghubungkan Anda dengan pembaca, sehingga mereka dapat berbagi dan mereka merekomendasikan konten Anda di web dan Google+. Jika Anda ingin menggunakan identitas lain seperti nama samaran, Anda dapat memilih Profil Blogger terbatas.
Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah untuk Pemula Cara Membuat Blog Gratis dan Paling Mudah untuk Pemula
Nah, seperti info di atas sudah jelas bahwa Anda boleh menggunakan Profil Google+ dan/atau Profil Blogger, namun sebaiknya Anda memilih penggunaan Profil Google+, silakan klik "Buat profil Google+"

4. Buat Profil Goggle+ Publik Anda
Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah untuk Pemula Cara Membuat Blog Gratis dan Paling Mudah untuk Pemula
Urutan Membuat Profil Google+ Publik:
  • masukkan nama depan Anda ( sesuai nama depan yang pertama kaliAnda gunakan saat mendaftar akun Google/email gmail)
  • ketikkan nama belakang Anda (jika ada/punya, jika tidak punya, silakan masukan tanda titik)
  • pilih Pria atau Wanita
  • pilih bulan lahir Anda
  • pilih tanggal lahir Anda
  • klik "Buat Profil"
5. Sesuaikan Avatar Anda
Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah untuk Pemula Cara Membuat Blog Gratis dan Paling Mudah untuk Pemula
Silakan sesuaikan avatar Anda, jika sudah selesai, klik "Simpan"

6. Lanjutkan ke Blogger
Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah untuk Pemula Cara Membuat Blog Gratis dan Paling Mudah untuk Pemula
Silakan klik "Lanjutkan ke Blogger"

7. Buat Blog Baru
Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah untuk Pemula Cara Membuat Blog Gratis dan Paling Mudah untuk Pemula


Klik "BUAT BLOG BARU"

8. Buat Blog
Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah untuk Pemula Cara Membuat Blog Gratis dan Paling Mudah untuk Pemula


Mulai membuat blog baru dengan langkah sebagai berikut:
  • #1. ketikkan judul blog Anda
  • #2. ketikkan alamat blog Anda, silakan masukkan kata sesuai keinginan Anda. Ingat, bahwa judul blog dengan alamat blog tidak harus sama, walaupun sebaiknya memang sama, karena agar blog Anda mudah diingat oleh para pembaca/pengunjung blog Anda.
  • #3. pastikan alamat blog yang Anda masukkan, statusnya tersedia. Jika kata/kalimat yang akan Anda jadikan alamat blog tidak tersedia, maka masukkan kata/alamat lainnya sampai tersedia.
  • #4. pilih template blog, silakan klik salah satu template yang tersedia, seperti: template sederhana, PT Keren Sekali, Tanda Air, Kelembutan, Tampilan Dinamis, Jendela Gambar, Terkemuka, Emporio, Soho, Contemp, dan/atau template lainnya.
  • #5. klik "Buat blog"
9. Blog Berhasil Dibuat
Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah untuk Pemula Cara Membuat Blog Gratis dan Paling Mudah untuk Pemula


Setelah Anda mengeklik "Buat blog" seperti pada poin ke-8, maka tampilan selanjutnya yaitu seperti gambar di atas, ini berarti Anda sudah sukses dalam membuat blog baru secara gratis di Blogger. Untuk melihat tampilan blog baru Anda, silakan klik "Lihat Blog", maka akan tampil seperti Contoh Blog Baru di bawah ini.

Baca juga : Cara Pengaturan Awal Blog Baru di Dashboard Blogger

Demikian tentang Cara Mudah Membuat Blog Gratis di Google pada Platform Blogger Blogspot Tampilan Paling Baru. Ya ya ya, sampai di sini Anda baru punya blog yang masih kosong.
Membuat blog memang gampang, namun Anda jangan percaya jika ada cerita bahwa mengelola blog itu mudah, karena kesuksesan sebuah blog itu harus didapat dengan kerja cerdas, kerja keras, dan do'a tentunya.
Untuk itu, silakan mulai membuat artikel dan mempostingnya, jika Anda belum mengetahui caranya, baca dulu Cara Menulis dan Memposting Artikel Blog

Adapun jika Anda ingin mempelajari ilmu ngeblog yang lengkap lagi, silakan buka PANDUAN NGEBLOG PALING LENGKAP DARI A SAMPAI Z

0 Response to "Cara Membuat Blog Gratis dan Paling Mudah untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel