Majalah SMK Edisi 3 Tahun 2018

Majalah SMK Edisi 3 Tahun 2018 - Halo sobat BelajarMadrasah.com, pada postingan ini saya kan berbagi Majalah SMK Edisi 3 Tahun 2018 yang bisa anda unduh secara gratis.

Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) meluncurkan kurikulum terbaru yaitu Spektrum 2018. Kurikulum SMK dengan Spektrum 2018 mendukung kepekerjaan yaitu terdapat kompetensi keahlian yang disesuaikan dengan kebutuhan industri. Dalam kurikulum Spektrum 2018 sudah terdapat 146 kompetensi keahlian dengan tambahan 4 kompetensi keahlian yang sesuai dengan kebutuhan industri. 4 kompetensi terbaru itu adalah logistik, hotel dan restaurant, dan lain-lain.

Selain itu, ada perbedaan kurikulum spektrum 2018 dengan kurikulum sebelumnya. Pada kurikulum spektrum 2018 , terdapat kompetensi keahlian yang progam belajarnya selama 4 tahun, misalnya kompetensi yang ada pada bidang otomotif, TI, dan yang lainnya.“Ada progam kompetensi keahlian yang 4 tahun di kurikulum Spektrum 2018.


Penambahan 4 (empat) kompetensi baru ini juga telah disesuaikan dengan kebutuhan industri terkini yang ada di Indonesia. sekolah juga harus menyekaraskan kebutuhan kurikulum dengan daerahnya, misalnya di Jakarta ada kompetensi keahlian Seni Tari Jakarta. “Kurikulm Spektrum 2018 sudah menyesuaikan dengan industri 4.0 yaitu jamannya power point seven.

Jamannya Power Point Seven membuat penambahan mata pelajaran yang ada di dalam kurikulum Spektrum 2018. Kedua mata pelajaran itu adalah Komunikasi Informasi Digital dan mata pelajaran menunjang kewirausahaan yaitu Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK).

Tujuan ditambahkannya mata pelajaran PKK adalah agar siswa mengetahui bagaimana cara memproduksi suatu barang sampai memasarkannya kepada masyarakat. Dengan kata lain adanya mata pelajaran PKK memberikan bekal kepada siswa untuk menjadi seorang wirausahaan yang baik dan benar. Penambahan mata pelajaran tersebut bertujuan supaya siswa dapat melanjutkan, bekerja dan berwirausaha. Untuk melanjutkan kejenjang berikutnya yaitu bangku kuliah, siswa dibekali dengan mata pelajaran umum seperti matematika, dan untuk bekerja siswa dibekali dengan teaching factory sedangkan untuk berwirausaha siswa dibekali dengan mata pelajaran PKK.

Selengkapnya, bagi anda yang belum memiliki Majalah SMK Edisi 3 Tahun 2018 bisa mengunduhnya melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini;

Majalah SMK Edisi 3 Tahun 2018.pdf, Unduh
Spektrum SMK K13 Tahun 2018.pdf, Unduh

Demikian Majalah SMK Edisi 3 Tahun 2018 yang dapat saya bagikan, smeoga bermanfaat. Source file: http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/3958/majalah-smk-edisi-03

0 Response to "Majalah SMK Edisi 3 Tahun 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel