9 Manfaat Sarapan Pagi dengan Buah

Manfaat Sarapan Pagi dengan Buah_Tidak sedikit orang sering melewatkan waktu sarapan paginya baik sengaja maupun tidak. Bagi mereka yang banyak memiliki aktivitas di pagi hari, menjadikan tidak sempat sarapan sebagai alasan utama. Selebihnya, sengaja tidak sarapan karena sedang mengurangi asupan yang masuk ke dalam tubuh untuk menjalankan program diet. Padahal, meninggalkan sarapan pagi justru akan berdampak kurang baik bagi tubuh apalagi jika dilakukan secara terus-menerus.

Sarapan tidak harus selalu memakan makanan berat yang repot diolah atau berkalori tinggi. Sebab, poin penting dari sarapan adalah memberikan nutrisi tubuh di pagi hari sebelum beraktivitas. Jadi, menu sarapan bisa apa saja, termasuk sarapan menggunakan buah-buahan segar.

Buah dikenal sebagai panganan berserat dan bervitamin tinggi sehingga sangat dianjurkan menjadi salah satu pilihan menu ketika sarapan. Selain itu, sarapan dengan buah juga memiliki banyak manfaat, apa saja manfaatnya?
Tidak sedikit orang sering melewatkan waktu sarapan paginya baik sengaja maupun tidak 9 Manfaat Sarapan Pagi dengan Buah

Ini 9 Manfaat Sarapan Buah:

1. Menambah sumber energi
Beberapa buah-buahan juga banyak yang mengandung karbohidrat seperti pisang, apel, dan melon. Jadi, walaupun ketika sarapan tidak mengonsumsi nasi atau roti, kebutuhan energi tetap akan terpenuhi.

2. Memperbaiki mood
Untuk memulai sebuah hari diperlukan suasana hati yang baik agar segala aktifitas dapat dikerjakan dengan tenang.

Buah mengandung glukosa (pemanis alami) yang dapat meningkatkan rasa senang dan bersemangat di dalam diri.

3. Menghidrasi tubuh
Buah-buahan yang kaya akan air seperti jeruk dan semangka sangat baik dikonsumsi ketika sarapan sebab di pagi hari tubuh kita membutuhkan banyak asupan cairan.

Jadi, buah-buahan yang dikonsumsi untuk sarapan dapat memaksimalkan cadangan air di dalam tubuh.

4. Anti Stres
Perut kosong di pagi hari yang dihadapkan dengan segudang aktivitas tentunya akan membuat tekanan tersendiri bagi diri Anda. Maka dari itu, dengan mengkonsumsi buah, perut akan terisi dan stamina tetap terjaga sehingga tidak mudah lesu serta kadar stres akan menurun.

5. Mendetokfisasi tubuh
Kandungan serat yang tinggi pada buah-buahan tentunya akan membuat sistem pencernaan manusia menjadi stabil dan lancar.

Dengan begitu, jika Anda rutin menjadikan buah sebagai menu sarapan, itu sama halnya dengan membantu mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh (detokfisasi) secara alami sehingga tubuh tidak mudah terjangkit penyakit.

6. Membantu penyerapan nutrisi
Tubuh manusia menjadi sehat karena nutrisi makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat diserap dengan baik.

Buah adalah salah satu makanan yang memiliki kandungan enzim tinggi di mana enzim berfungsi untuk menyerap nutrisi. Maka, sarapan menggunakan buah dapat menyeimbangkan nutrisi yang akan diterima oleh tubuh serta membantu meningkatkan sistem imunitas.

7. Mengidealkan bentuk tubuh
Bagi yang sedang menjalankan program diet, justru mengkonsumsi buah sebagai menu sarapan sangat dianjurkan. Kandungan serat pada buah yang tinggi akan membuat perut merasa kenyang lebih lama sehingga dapat menurunkan keinginan untuk ngemil atau makan terlalu banyak setelahnya.

8. Menyembuhkan pegal-pegal
Mengonsumsi buah di pagi hari dapat menyembuhkan pegal-pegal yang sering dirasakan selepas tidur semalaman. Hal ini dikarenakan buah juga mengandung antioksidan dalam bentuk antosianin yang bisa meredakan peradangan pada otot. Biasanya senyawa antosianin banyak ditemukan pada buah-buahan berry seperti strawberry, blueberry, dan raspberry.

9. Penangkal radikal bebas
Mengkonsumsi buah saat sarapan dapat dijadikan tameng untuk menangkal radikal bebas. Jadi, sebelum memulai aktivitas di luar ruangan, tubuh kita sudah ternutrisi dengan baik oleh antioksidan beserta vitamin C. Senyawa-senyawa tersebut juga menekan risiko terkena sel kanker kulit, lho!

Dari banyaknya manfaat mengonsumsi buah untuk sarapan, harus berpikir berkali-kali jika harus melewatkannya. Ternyata, sarapan tidak boleh ditinggalkan karena dapat mempengaruhi sistem metabolisme tubuh. So, jangan biarkan perut Anda kosong di pagi hari ya?.

0 Response to "9 Manfaat Sarapan Pagi dengan Buah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel