RPP K13 Kelas 1 Tema Diriku Sub Tema Aku Dan Teman Baru Pembelajaran 1-6

RPP K13 Kelas 1 Tema  Diriku Sub Tema Aku Dan Teman Baru Pembelajaran 1-6
Bapak dan Ibu Guru dimanapun berada. Manfaat dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), diantaranya untuk referensi bagi guru dalam memberikan pembelajaran, sehingga lebih sistematis dan terencana untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam waktu yang terbatas. Dengan perencanaan pembelajaran diharapkan pembelajaran menjadi lebih terarah, sehingga siswaakan lebih memahami apa yang disampaikan guru dan yang terpenting adalah tujuan pembelajaran pada saat itu tercapai.
 Diriku Sub Tema Aku Dan Teman Baru Pembelajaran  RPP K13 Kelas 1 Tema  Diriku Sub Tema Aku Dan Teman Baru Pembelajaran 1-6
Penyusunan rencana pembelajaran yang menarik dapat membuat siswa semangat dan termotivasi, tidak membosankan dan tentunya bagi siswa akan terasa lebih bermakna. Proses belajar mengajar menggunakan metode yang tepat dan bervariasi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik kemudian jangan lupa refleksi dan evaluasi pembelajaran untuk perbaikan dan penambahan metode pembelajaran yang lebih baik. Di sini saya mencoba membantu Anda Para guru yang terkadang disibukkan dengan administrasi sehingga sangat sulit membagi waktu untuk membuat RPP. walaupun itu sebenarnya adalah kewajiban Anda membuat RPP. Anda bisa menggunakan RPP ini dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas 1 semester 1 Kirikulum 13 untuk jenjang SD/MI.

RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN ( RPP ) 1

Nama Sekolah        : ………………………..
Kelas /Semester          :  1 /1
Tema :  Diriku
Sub Tema    :  Aku dan Teman Baru
Pembelajaran ke          :  1                       
Alokasi waktu              :  6x35 Menit

A.Kompetensi Inti ( KI )

1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri  dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,dan guru.   
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara  mengamati[mendengar,melihat,membaca] dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu  tentangdirinya,makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,dan benda-benda yang dijumpainya di rumahdan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis,dalam karya yang estetis,dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B .Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.9 Merinci kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga,dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosa kata bahasa daerah.
4.9 Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang tepat  untuk perkenalan diri,keluarga,dan  orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan.

Indikator :
3.9.1 Menunjukan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat.
4.9.1 Menggunakan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan  tepat.

SBdP

Kompetensi Dasar :
3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu.

Indikator :
3.2.1 Mengidentifikasi perbedaan warna suara manusia.

PPK n
Kompetensi Dasar :
3.2 Mengidentifikasi  aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2 Menceritakan  kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

Indikator :
3.2.1 Menggali informasi hal-hal yang baru dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah.
4.2.1 Mempraktikkan kegiatan memberi salam saat keluar rumah.

C. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui lagu, siswadapat memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan.
2.   Melalui permainan “Suara siapakah itu?”,siswa dapat mendengar perbedaan warna suara teman.
3.   Saat bernyanyi dan melakukan permainan,siswa dapa tmenyebut nama teman dengan benar.
4.   Setelah selesai bernyanyi dan melakukan permainan,siswadapat mengingat semua nama teman dengan benar dan warna suara masing- masing teman.
5.   Dengan berbagi cerita,siswa dapat memberikan informasi dan memeragakan tentang aturan di rumah dengan memberi salam pada orangtua saat keluar rumah.

D. Materi Pembelajaran ,

Perkenalan diri
Peraturan permainan
Permainan memperkenalkan diri
Gerakan melempar dan menangkap
Lirik lagu “Siapa Namamu”

E. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik, Pendekatan cooperative learning
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
F. Media/Alat dan Sumber Belajar
Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola
Buku Pedoman Guru Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
Buku Siswa Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
1. Guru mengawali pembelajarandengan memberi salam
    dan menyapa siswa.
2. Seorang siswa memimpin doa.
3. Guru mengecek kehadiran siswa.
4. Guru mengajak siswa berdinamika dengan yel-yel’kelas
     satu siap,calistung yes
5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dengan
    mengajukan pertanyaan sebagai berikut:
 Siapakah namamu?
 Siapakah nama teman sebangkumu?
 Kemudian guru menginformasikan tema pembelajaran   yaitu tentang teman baru.
Kegiatan Inti
1. Pada awal pembelajaran,guru memperkenalkan diri kepada  siswa
2. Guru menyapa beberapa siswa dan menanyakan namanya.
3. Guru lalu menanyakan :Apakah kalian sudahberpamitan
    kepada orang tua masing-masing saat henda kesekolah?
4. Guru menyampaikan kepada siswa pentingnya
    berpamitan kepada orang tua dan meminta siswa mulai
    besuk pagi berpamitan kepada orang tua saat hendak
    pergi ke sekolah.
5. Guru mengajak siswa untuk Saling berkenalan.
6. Guru menunjukkan cara berkenalan yang dilakukan edo dan beni.
7.Siswa diajak berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dengan membentuk posisi melingkar,boleh duduk atau berdiri.
8. Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri.”Selamat pagi,nama saya busri haryani biasa dipanggil bu sri,kemudian melempar bola pada salah satu siswa.
9. Siswa yang menangkap lemparan bola harus menyebutkan nama lengkap dan nama panggilannya dan diteruskan oleh teman satu kelas.
10 Guru mengajak siswa untuk bernyanyi lagu siapa namamu   sambil menyebutkan kembali nama masing-masing
11.Siswa tetap pada posisi lingkaran.Guru mencontohkan cara menyanyi lagu “siapa namamu” sambil menepuk pundak salah satu temannya,kegiatan diulang sampai semua siswa mendapat giliran.
12.Selain mengingat nama teman,saat bernyanyi,siswa juga  diminta untuk mengingat suara teman masing-masing.
13.Kegiatan dilanjutkan dengan meminta siswa mengamati buku halaman 3-6.
14.Kegiatan berkenalan dengan berbagai cara memudah kan  siswa untuk mengingat nama teman-teman di kelas.

Penutup
15.Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal.Seperti kata pepatah,tak kenal maka tak sayang .Upayakan guru memberikan penguatan tentang pentingnya saling mengenal.
16.Setelah diskusi tentang pentingnya saling mengenal,guru menutup kegiatan dihari itu dengan mengajak siswa untuk menyanyikan lagu “Siapa namamu?”sekalilagi. Guru dan siswa sama-sama menyanyikan bait“Siapa namamu?Namaku…”setelah itu guru dan siswa secara bergiliran menyebutkan nama masing-masing hingga selesai.
17.Guru memberi salam penutup .Siswa boleh  pulang.
18.Guru meminta siswa untuk berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.

H. PENILAIAN PEMBELAJARAN
Teknik Penilaian
 -  Penilaian sikap, Observasi dan pencatatan sikap siswa selama  kegiatan
 -  Penilaian pengetahuan
 -  Tes lisan tentang nama-nama teman di kelas
     (guru menyusun pertanyaan yang akan digunakan  untuk tes lisan)
- Penilaian keterampilan
Unjuk Kerja Kegiatan Perkenalan, meliputi : kemampuan  memperkenalkan diri, kemampuan menjalankan peraturan, dan kemampuan melakukan gerakan melempar dan menangkap.

Bentuk Instrumen penilaian
Memperkenalkan diri lewat permainan dan nyanyian.

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu
Pendampingan

1.  Kemampuan memperkenalkan diri
Siswa mampu menyebutkan namapanjang dannama panggilan
Siswa mampu menyebutkan namapanjang
Siswa hanya mampu menyebutkan namapanggilan
Siswabelum mampumem- perkenalkandiri

2.  Kemampuan menjalankan peraturanpada permainan
Siswa mampu melakukan permainan sesuaidengan instruksitanpa pengarahan ulang
Siswa mampu melakukan permainan sesuaiaturan tetapidengan
1kaliarahan ulang
Siswa mampu melakukan permainan sesuaiaturan, tetapidengan lebih dari 1kali arahanulang
Siswabelum mampu melakukan permainansesuai denganaturan

3.  Kemampuan melakukan gerakan melempardan menangkap
Siswa mampu melempardan menangkapbola denganakurat (tidakpernah meleset)
Siswa melempardan menangkap bola, tetapi1-2 kalimeleset
Siswa melempar dan menangkap bola, tetapi
lebih dari  3kali meleset
Siswabelum mampumelempar danmenangkap bola

(Format penilaian bisa dilihat diteknik dan instrument penilaian yang terdapat pada bagian depan buku guru)



RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN ( RPP ) 2

Nama Sekolah          : ……………………….
Kelas /Semester        : 1 /1
Tema                     : Diriku
Sub Tema              : Aku dan Teman Baru
Pembelajaran ke        : 2
Alokasi waktu               : 5 x35 Menit

A.Kompetensi Inti (KI)

1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,     peduli, dan percaya diri,  Dalam  berinteraksi dengan keluarga, teman , dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,melihat,membaca] dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang  rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis,dalam karya yang estetis,dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,dan dalam tindakan yan mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia..

 B .Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.9 Merinci kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga,  dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis  yang  dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah
4.9 Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang  tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan
Indikator:
3.9.2  Mengenal kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis  yang  dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah
4.9.2.Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang  tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan

PJOK
Kompetensi Dasar:
3.1 Memahami prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
Indikator:
3.1.2 Menjelaskan prosedur gerakan berjalan satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1.2 Mempraktikkan prosedur gerakan berjalan satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

C. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan lurus  ke satu  arah dengan tepat.
2. Dengan permainan sederhana, siswa dapat bekerja sama dengan teman.
3. Dengan bermain “Cerita Teman”, siswa dapat mengikuti aturan sebuah permainan.
4. Setelah bermain “Cerita Teman”, siswa dapat mengingat nama lengkap dan panggilan teman saat memperkenalkan satu teman kepada teman
    yang lain.

D .Materi Pembelajaran
 l.  Laval vokal dan konsonan
 2. Permainan yang berkaitan dengan aku dan teman baru

E.Pendekatan dan metode pembelajaran
1.Pendekatan kolaboratif.
2.Metode Pembelajaran
         Tanya jawab,diskusi, Penugasan,Demonstrasi

F. Media/Alat Sumber Pembelajaran
   Saputangan
Buku Pedoman Guru Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
Buku Siswa Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).

H.Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan
1 Guru  memberi salam kepada siswa saat akan memulai pelajaran.
2.Guru menanyakan kabar kepada siswa “Bagaimana keadaan kalian?Sehat?”Apakah kalian masih ingat nama teman-teman baru?   .
3.Guru  lalu menunjuk salah satu siswa dan meminta siswa tersebut untuk mengingat 3-5 nama teman baru sambil menunjuk teman yang  dimaksud Kegiatan ini dilakukan dua kali, sekedar pengulangan untuk mengamati apakah para siswa masih ingat nama teman barunya.
4.Setelah kegiatan pengulangan,lalu guru memulai   pelajaran. 

Kegiatan Inti
1. Pada awal pelajaran, guru menyampaikan  kepada siswa mereka akan bermain di luar kelas.
2. Guru  membagi siswa menjadi beberapa kelompok, perempuan dan laki- laki terpisah
3. Guru  meminta setiap kelompok berdiri membentuk satu barisan ke belakang. Siswa di setiap kelompok berdiri sambil memegang pundak temandidepannya.
4 .Semua barisan kelompok berdiri di garis oleh  guru awal yang  sudah ditentukan oleh guru. Setelah diberi aba-aba, semua kelompok akan berlomba berjalan lurus  ke satu arah menuju garis akhir yang  sudah diberi tanda
5.  Guru  mengulangi kegiatan ini sebanyak dua kali. Siswa yang  tadi berdiri paling depan pindah ke urutan paling akhir, lalu siswa yang  berdiri di urutan kedua maju menjadi siswa yang  paling depan.
6. Setelah kegiatan bermain di luar   selesai,siswa di suruh istirahar di luar kelas.
7. Selesai beristirahat, guru mengajak siswa bermain “Cerita  teman” untuk mengenal lebih  dekat teman barunya. Siswa akan berbagi informasi mengenai nama lengkap dan panggilan teman yang  duduk di sebelahnya.
8.  Minta siswa kembali berkumpul bersama teman kelompok yang  sama saat bermain di luar  kelas dan membentuk lingkaran.
9.  Guru  memberi contoh cara bermain “Cerita teman” (lihat buku  siswa halaman 10) sambil membagikan saputangan ke setiap kelompok.
10. Setiap kelompok memilih teman yang  akan memberi aba-aba dalam permainan tersebut.
11. Siswa yang  menerima saputangan mengucapkan terima kasih sebelum dan sesudah mengenalkan teman di sebelah kanannya.

12. Siswa kedua yang  menerima saputangan juga melakukan hal  yang  sama.Begitu seterusnya sampai semua siswa mendapat giliran.
13. Siswa yang  lain  mendengar dan membantu mengoreksi jika ada informasi yang  tidak sesuai.

Penutup
14. Setelah selesai, guru melakukan refleksi   bersama siswa. Guru dan siswa menyimpulkan bahwa semua siswa mempunyai nama lengkap
dan panggilan. Nama-nama mereka semuanya bagus. Adanya nama membuat kita menjadi saling mengenal.
15. Refleksi ditutup dengan doa karena kegiatan  hari ini telah selesai. Gurumemimpin doa. Guru mengingatkan siswa agar selalu berdoa sebelummelakukan kegiatan di rumah.
16.  Guru memberikan salam penutup, siswa  berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.

I. Penilaian
1.   Penilaian Sikap: Observasidan pencatatansikap siswa selama  kegiatan
2.   Penilaian pengetahuan:
       -Tes tertulis
(Guru meminta siswa menyebutkan 5 nama panggilan dan lengkap teman baru di kelas. Selain itu bisa guru mengembangkan jenis pertanyaan yang  akan diberikan, misalnya siswa menyebutkan nama teman sambil menunjuk orang yang  dimaksud atau menyebutkan ciri- ciri teman tersebut)

 3.  Penilaian keterampilan:
a. Penilaian Unjuk  kerja:  Berjalan lurus  ke satu arah

b. Penilaian: Unjuk  kerja:  Memperkenalkan teman lewat permainan
Kriteria

Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu
Pendampingan

1.  Kemampuan memperkenal- kan  teman di kelas
Siswa mampu menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan teman di kelas dengan mandiri
Siswa mampu menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan teman di kelas dengan arahan dari guru satu kali
Siswa mampu menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan teman di kelas dengan arahan dari guru lebih  dari satu kali
Siswa belum mampu menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan teman di kelas

2.  Kemampuan menjalankan peraturan pada permainan
Siswa mampu melakukan permainan sesuai dengan instruksi tanpa pengarahan ulang
Siswa mampu melakukan permainan sesuai aturan tetapi dengan 1 kali arahan ulang
Siswa mampu melakukan permainan sesuai aturan, tetapi dengan lebih  dari  1 kali arahan ulang
Siswa belum mampu melakukan permainan sesuai dengan aturan



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 3

Satuan Pendidikan :  ......................................
Kelas / Semester :  I (Satu) / 1
Tema 1 :  Diriku
Sub Tema 1 : Aku dan Teman Baru
Pembelajaran :  3
Alokasi Waktu : 6x35 menit

A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.Kompetensi Dasar (KD) DAN  Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
3.3  Menguraikan lambang bunyi  vokal dan konsonan  dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerahatau bahasa daerah.
4.3  Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.

Indikator
3.3.3.Menyusun huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang bermakna yang terkait dengan aku dan teman baru
4.3. 3  Menggunakan huruf vokal dan konsonan menjadi Kata yang bermakna dalam kalimat yang terkait dengan dengan aku dan  teman baru

PPKn
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan
      sehari-hari di rumah.

Indikator
3.2.3  Menggali informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dgn aturan di rumah
4.2.3  Mempraktikkan kegiatan memberi salam saat keluar rumah

Matematika
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek.
4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak
anggota kumpulan objek yang disajikan.

Indikator
3.1.3  Membilang secara urut bilangan 1 sampai dengan 10 dengan bantuan benda konkret
4.1.3 Mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan yang diberikan (1 sampai dengan 10)

C. Tujuan
1. Dengan mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat menyanyikan lagu“a-b-c” dengan benar.
2. Setelah bernyanyi dan berlatih, siswa dapat memasangkan kartu nama teman sesuai orangnya dengan tepat.
3. Dengan permainan kartu huruf, siswa dapat mencari dan menyebutkan huruf vokal (a, i, u, e, o) yang hilang dari nama temannya.
4. Setelah mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat membilang secara urut bilangan 1 sampai dengan 10 dengan bantuan benda konkret.
5. Dengan melakukan permainan siswa dapat mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan 1 sampai dengan 10.

D. Materi Pembelajaran
Tata tertib/aturan di rumah
Persiapan mengenal huruf untuk membaca dan menulis permulaan bilangan cacah
Lambang bunyi vokal dan konsonan
Bilangan cacah
Lambang bilangan

E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F. Media/Alat Bantu dan Sumber Belajar

     •  Kartu nama panggilan teman.
     •  Kartu-kartu huruf dari a-z minimal sebanyak tiga set (atau disesuaikan
        dengan jumlah kelompok yang dibentuk) dan bisa dikalungkan di leher.
     •  Kartu-kartu huruf vokal (a, i, u, e, o) minimal sebanyak tiga set (atau  disesuaikan  dengan jumlah kelompok yang dibentuk) dan bisa dikalungkan di leher.
     •  Kartu bilangan yang menunjukkan banyak benda 1 sampai dengan 10.
     •  Alat musik (jika ada) untuk mengiringi siswa bernyanyi.
Buku Pedoman Guru Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,   Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
Buku Siswa Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013)

G. Langkah-langkah Kegiatan  Pembelajaran
Kegiatan  Pendahuluan
Guru memberi salam pembuka.
Guru lalu bertanya kepada siswa, “Apakah tadi kalian sudah berpamitan
kepada orang tua saat hendak ke sekolah?” Guru   mengingatkan kembali
pentingnya berpamitan dengan orang tua saat hendak ke luar rumah.Misal, saat hendak ke sekolah, bermain, atau yang lainnya.
Kegiatan Inti Pembelajaran 1
• Pada awal pelajaran, guru menyampaikan
   kepada siswa mereka akan belajar mengenal huruf.
Agar dapat mengenal huruf dengan baik, guru menulis huruf a-z pada selembar karton/kertas berukuran lebar. Kertas/
karton itu lalu ditempel di papan tulis.
Siswa diajak untuk bernyanyi lagu “a-b-c”sambil guru menunjukkan huruf yang dimaksud pada lembar kertas. (lihat Buku
Siswa halaman 12)
Ulangi sekali lagi. Tunjuk salah satu siswa untuk menunjukkan huruf a-z saat teman yang lain bernyanyi lagu “a-b-c”.
Untuk membantu menguatkan siswa tentang konsep huruf, mereka berlatih mengidentifikasi nama tokoh di buku dengan melihat huruf hurufnya.
Siswa dapat memperhatikan Buku Siswa halaman 13

Pembelajaran 2
Setelah selesai berlatih, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok.
•   Setiap kelompok mendapatkan kartu nama sesuai  dengan nama-nama siswa yang tergabung di kelompok tersebut.
•   Setiap anggota kelompok bekerja sama untuk  memasang kartu nama pada masing-masing siswa di kelompok tersebut dengan tepat.
•   Minta setiap siswa memperhatikan huruf-huruf “a, i, u, e, o” yang menyusun nama mereka.
•    Minta setiap kelompok berdiri secara bergiliran sambil memegang kartu nama masing-masing agar siswa di kelompok lain dapa memperhatikan
     huruf-huruf “a, i, u, e, o” yang menyusun nama semua siswa di kelas.
•   Guru lalu mengajak semua kelompok bermain kartu huruf penyusun nama. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu huruf a-z dan satu
     set kartu huruf “a, i, u, e, o”.
Guru menunjuk kelompok untuk maju ke  depan kelas. Minta kelompok tersebut memilih 2 nama siswa anggotanya untuk ditebak huruf “a, i, u, e o”.
Beberapa siswa anggota kelompok tersebut berdiri berjajar. Mereka mengalungkan huruf sesuai nama yang akan ditebak, tapi tanpa huruf “a,i, u, e, o” (lihat buku siswa halaman 14).
•    Guru menunjuk kelompok lain untuk menebak huruf “a, i, u, e, o” yang hilang dari nama tersebut.
•   Kelompok yang bertugas menebak harus mencari huruf “a, i, u, e, o” dari kartu huruf “a, i, u, e, o” yang telah dibagikan dan menyebutkan huruf “a, i,u, e, o” yang hilang dengan suara keras. Setelah itu, kartu huruf yang tadi disebutkan dikalungkan ke leher teman yang sedang berdiri berjajar agar  menjadi nama siswa yang lengkap.
Setelah dua nama dari kelompok yang mendapat giliran maju telah selesai ditebak, giliran kelompok yang menebak untuk maju ke depankelas. Lalu kelompok yang lain akan menebak huruf “a, i, u, e, o” dari nama siswa yang hilang. Begitu seterusnya hingga semua kelompok mendapat giliran maju untuk bermain
Setelah bermain kartu huruf, siswa kembali ke tempat duduk masingmasing.
Guru dan siswa bersama-sama menyanyikan lagu “a-b-c” danmenyebutkan kembali huruf “a, i, u, e, o”.
Sebelum melanjutkan kegiatan berikutnya, guru memancing siswa dengan pertanyaan, ”Berapa kelompok yang tadi bermain tebak huruf?”,“Masing-masing kelompok terdiri dari berapa orang?”
Siswa ada yang menjawab (dengan jawaban yang beragam), ada juga siswa yang diam.

Pembelajaran 3

Guru mengenalkan konsep bilangan 1 sampai dengan 10.
•    Minta siswa mengamati gambar di buku siswa  halaman 15.
•    Minta siswa bersama-sama menghitung  banyaknya benda yang ada di gambar dari bilangan 1 sampai dengan 10 secara berurutan.
•   Guru juga bisa menyediakan berbagai benda  yang ada di kelas lalu meminta siswa secara bergiliran membilang banyaknya benda tersebut
•   Untuk penguatan konsep bilangan 1 sampai dengan 10, minta siswa berlatih di Buku Siswa halaman 16.
•   Siswa membilang banyaknya benda yang ada di gambar lalu memasangkan dengan gambar lain dengan banyak benda yang sama.
•   Selesai berlatih, guru mengajak bermain sambil mengenal bilangan.(lihat buku siswa halaman 17)
•    Minta siswa berdiri membentuk lingkaran, lalu guru menyampaikan aturan permainan. Siswa akan berkumpul bersama teman yang
     banyaknya sesuai dengan bilangan yang akan disebutkan oleh teman.
•   Guru memberi contoh, “Berkelompok lima-lima”. Siswa lalu segera mencari teman untuk berkumpul membentuk kelompok yang banyak
     anggotanya ada lima. Setelah berkelompok,  siswa mengulangi instruksi permainan “Berkelompok lima-lima”.

•   Setelah menjelaskan, guru akan menunjuk salah satu siswa untuk memberikan aba-aba. Siswa tersebut akan menerima instruksi dari guru.
•    Kemudian siswa yang ditunjuk memberi aba-aba,”Berkelompok tiga-tiga”,Berkelompok tujuh-tujuh”, begitu seterusnya sampai semua bilangan 1sampai dengan 10 diberikan. Ingatkan siswa untuk mengulangi instruksi permainan setelah berkelompok.

Penutup
•    Kegiatan ditutup dengan diskusi mengenai kegiatan hari ini. Siswa menceritakan perasaandan kesulitannya saat bermain kartu huruf dan kelompok banyaknya benda.
•    Sebelum pulang, guru melontarkan pertanyaan yang memantik pemikiran siswa.
    “Tadi pagi saat hendak ke sekolah, kalian memberi salam dan berpamitan dengan orang tua. Ketika nanti pulang, apa yang sebaiknya kalian lakukan sebelum masuk ke dalam rumah?” “Mengapa hal itu harus dilakukan?”
Jawaban siswa akan beragam, namun guru menyimpulkan dan menekankan kepada siswa pentingnya memberi salam terlebih dulu saat hendak masuk rumah.
•   Guru memberi salam penutup. Siswa berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.
•   Setelah pulang ke rumah, siswa memberi salam saat masuk ke dalam rumahnya dan bercerita kepada orang tua tentang kegiatan yang dilakukan di kelas pada hari itu.

H.PENILAIAN  PEMBELAJARAN
Penilaian Sikap
Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan (lihat petunjuk penilaian)

Penilaian Pengetahuan
        - Tes tertulis
         (Selain latihan di Buku Siswa halaman 14, guru bisa mengembangkan jenis  pertanyaan lain untuk tes tertulis yang akan diberikan)

Penilaian Keterampilan

a. Penilaian unjuk kerja: Mengenal konsep bilangan 1–10

b. Penilaian Unjuk kerja: Mengenal huruf lewat permainan
               
Kriteria
Baik sekali
Cukup
Baik
Perlu pendampingan

1. Kemampuan Mengenal   huruf.
Siswa mampu memenuhi 4 kriteria:  bernyanyi a-z secara berurutan, mengenali huruf vokal a-i-u-e-o yang hilang, menyebutkan huruf vokal yang hilang dengan  suara yang terdengar, serta aktif mengikuti permainan

Siswa mampu memenuhi 3 kriteria dalam permainan huruf.
Siswa mampu memenuhi 2 komponen dalam permainan huruf
Siswa mampu memenuhi 1 komponen dalam permainan huruf

 2.Kemampuan menjalankan peraturan pada permainan.
Siswa mampu melakukan permainan sesuai dengan instruksi tanpa pengarahan ulang
Siswa mampu melakukan permainan sesuai aturan tetapi dengan 1 kali araha ulang.
Siswa mampu melakukan permainan sesuai aturan, tetapi dengan lebih dari 1 kali arahan ulang.
Siswa belum mampu melakukan permainan sesuai dengan aturan.



RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN ( RPP ) 4


Nama Sekolah          :…………………………
Kelas /Semester        :1 /1
Tema                         : Diriku
Sub Tema              : Aku dan Teman Baru
Pembelajaran ke            : 4
Alokasi waktu                :6x35 Menit

A.Kompetensi Inti

1 . Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2  . Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri   
      Dalam  berinteraksi dengan keluarga, teman , dan guru.
3   .Memahami pengetahuan faktual dengan cara
      mengamati[mendengar,melihat,membaca] dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu  tentang rumah dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis,dalam karya yang       estetis,dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,dan dalam tindakan yan mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia..

 B .Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
3.3  Mengenal lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia  atau bahasa daerah
4.3  Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.

Indikator:
3.3.2 Menunjukkan huruf konsonan dalam suatu kata yang  terkait dengan aku dan  teman baru
4.3.1  Melafalkan huruf vokal suatu kata yang terkait dengan aku dan teman baru

PJOK
Kompetensi Dasar:
3.1 Memahami gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,dan  keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
Indikator:
3.1.1  Menjelaskan prosedur gerakan berjalan satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dlm berbagai bentuk permainan sederhana dan/ tradisional
4.1.1 Mempraktikkan prosedur gerakan berjalan satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

SBdP
Kompetensi Dasar:
3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu


Indikator
3.2.1  Mengidentifikasi perbedaan warna suara manusia
4.2.1 Memeragakan warna suara manusia

C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mendengar arahan dari  guru,  siswa dapat mempraktikkan gerakan berjalan lurus  ke satu arah dengan benar.
2.   Dengan memperhatikan contoh dari  guru,  siswa dapat mempraktikkan jalan berpasangan sambil bergandengan tangan.
3.   Dengan permainan jalan berpasangan, siswa dapat mengenali huruf pertama nama sendiri dan nama-nama teman sekelas.
4.   Dengan arahan dari  guru,  siswa dapat mengidentifikasi suara teman.

D. Materi Pembelajaran.
     Huruf vokal yang terkait dengan aku dan teman baru
     Bermain tebak nama

E.Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan   :  cooperatif
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F. Media/Alat Bantu dan Sumber Belajar
Kartu-kartu huruf dari a-z minimal sebanyak 3 set (atau disesuaikan dengan jumlah kelompok yang dibentuk) dan bisa dikalungkan di leher.
Kartu-kartu huruf vokal minimal sebanyak 3 set (atau disesuaikan dengan jumlah kelompok yang dibentuk) dan bisa dikalungkan di leher.
  Kain untuk menutup mata siswa saat bermain tebak suara.
•   Buku Pedoman Guru Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,   Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
Buku Siswa Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013)

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Deskripsi Kegiatan
Kegiatan Pendahuluan
1. Guru  memberikan salam pembuka di awal pelajaran
2. Guru  melakukan permainan untuk memancing pemahaman siswa tentang materi pelajaran pada hari sebelumnya.
3. Bentuk Permainannya
4. Setelah berdoa, kegiatan pun  dimulai
Kegiatan Inti 1. Guru  mengajak siswa ke luar  kelas.Seluruh siswa berbaris berdasarkan urutan tinggi badan.
2. Siswa diminta melakukan pemanasan sebelum melakukan kegiatan olahraga. Seluruh siswa berjalan dengan rapi  mengelilingi lapangan.
3. Setelah pemanasan selesai, siswa dibagi menjadi dua kelompok yang sama banyaknya. Seluruh siswa di setiap kelompok diminta berbaris berjajar yang  rapi  saling berhadapan. Satu kelompok di sisi sebelah kiri, kelompok yang  lain  di sisi sebelah kanan guru.
4. Seluruh siswa diminta berjalan lurus  ke satu arah menuju siswa yang berjajar di hadapan  masing-masing. Kedua kelompok siswa saling bertukar posisi
5. Setelah itu siswa diminta untuk mencari pasangan yang  telah ditentukan sebelumnya. Karena nanti akan berpegangan tangan, siswa perempuan berpasangan dengan siswa perempuan, siswa laki-laki dengan siswa laki-laki. Setiap pasangan  salah satu anggotanya memiliki nama dengan huruf pertama adalah konsonan.
6.  Siswa lalu diminta untuk saling berpegangatangan.
7.  Seluruh pasangan  dibagi dalam dua kelompok yang  sama banyaknya dan berdiri berjajar saling berhadapan
8.  Guru  kemudian menyediakan 2 set  kartu huruf a-z. Masing-masing set  kartu huruf dimasukkan di dalam sebuah kotak dan diletakkan di belakang masing-masing barisan.
9.  Kali ini setiap pasangan berlomba untuk mencari kartu huruf yang  sesuai dengan huruf pertama nama masing-masing
10.Setiap pasangan akan mencari kartu huruf tersebut di dalam kotak yang ada di seberang barisannya.
 11.Sekali  lagi seluruh siswa diminta berjalan lurus  ke satu arah menuju siswa yang  berjajar di hadapan  masing-masing. Kedua kelompok siswa saling bertukar posisi bersama pasangan masing-masing.
 12.Setiap pasangan tidak boleh menyenggol pasangan lainnya saat bertukar posisi
13 .Ketika  selesai bertukar posisi, setiap pasangan berlomba mencari kartu huruf yang  sesuai dengan huruf pertama nama masing-masing. Kartu huruf hanya tersedia 1 set  untuk masing-masing barisan sehingga tidak semua pasangan bisa mendapatkan  huruf yang  dimaksud. Siapa cepat dia  dapat
14 .Setelah berlomba mendapatkan kartu huruf, semua pasangan kembali berdiri berjajar saling berhadapan dengan posisi yang  rapi.
15 . Guru  mengamati setiap pasangan, mana yang  bisa menemukan kartu huruf dan mana yang tidak.
16 .Pasangan yang  tidak mendapatkan kartu huruf harus menyebutkan huruf pertama dari  nama masing-masing. Pasangan yang  tidak mendapatkan kartu huruf harus menyebutkan huruf pertama dari  nama masing-masing.
17 .Sambil beristirahat (siswa boleh duduk dengan posisi kaki lurus  ke depan), kegiatan ditutup dengan menanyakan pengalaman dan perasaan siswa saat melakukan kegiatan mencari huruf dengan berjalan lurus
18.  Siswa lalu kembali ke dalam kelas.
19.   Guru  menyampaikan bahwa siswa akan bermain tebak suara.
20 . Sebelum bermain, minta semua siswa untuk menyebutkan nama masing- masing.
21. Saat seorang siswa menyebutkan namanya, siswa yang  lain mendengarkan warna suara siswa tersebut. Minta siswa untuk mengingat warna suara teman-temannya
22 .Untuk memberi contoh cara bermain tebak suara, guru lalu menunjuk  10 orang siswa maju ke depan kelas
23 .Kesepuluh orang siswa itu berdiri membentuk  lingkaran. Salah satu siswa dipakaikan penutup mata.
24 .Setelah itu,secara acak salah satu dari  sembilan  ?”
siswa menyanyikan bait pertama lagu  “Siapa namamu?”. Siswa yang  memakai penutup lalu menebak nama siswa yang  sedang menyanyi (berdasarkan warna
25. Guru  kemudian membagi siswa menjadi beberapa  kelompok yang terdiri dari  8-10  siswa. Setiap siswa di setiap kelompok secara bergiliran memakai penutup mata dan menebak suara teman yang  menjadi anggota kelompoknya
26 .Agar para siswa dapat focus dengan suara teman kelompoknya, maka setiap kelompok diatur posisinya agak berjauhan
27 . Guru  melihat jalannya permainan dengan mendatangi setiap kelompok dan mengamatinya.

Kegiatan Penutup
Kegiatan ditutup dengan refleksi dan tanya jawab dengan siswa.
 » “Bagaimana perasaan kalian setelah mengikuti   kegiatan hari ini?”
 » “Apakah ada bagian dari kegiatan yang sulit/mudah?   Mengapa?”
 » “Ayo, sebutkan huruf pertama nama masing-masing!”
 » “Bagaimana kalian bisa membedakan warna suara   teman?”
 » “Mengapa warna suara teman berbeda, ya?”
Siswa berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.

H.Penilaian

Penilaian Sikap
Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan (lihat petunjuk penilaian

Penilaian Pengetahuan
- Tes tertulis
(Guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan mengapa mereka bisa
menebak nama teman dari suaranya. Jawabannya karena setiap teman
memiliki suara yang berbeda.)

Penilaian Keterampilan
a.   Penilaian Unjuk  kerja:  Berjalan lurus  ke satu arah

b.   Penilaian Unjuk  kerja:  Membedakan warna suara teman di kelas

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu Pendampingan

1. Kemampuan membedakan  warna suara teman
Siswa mampu membedakan warna suara teman sebanyak 8-10 orang
Siswa mampu membedakan warna suara teman sebanyak 6-7  orang
Siswa mampu membedakan warna suara teman sebanyak 4-5 orang
Siswa mampu membedakan warna suara teman sebanyak 1-3 orang

2.  Kemampuan menjalankan peraturan pada permainan
Siswa mampu melakukan permainan sesuai dengan instruksi tanpa pengarahan ulang
Siswa mampu melakukan permainan sesuai aturan tetapi dengan 1 kali arahan ulang
Siswa mampu melakukan permainan sesuai aturan, tetapi dengan lebih  dari  1 kali arahan ulang
Siswa belum mampu melakukan permainan sesuai dengan aturan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)  5

Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester :  1 /1
Tema :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema :  Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke :  5
Alokasiwaktu :  1 Hari

A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, temandan guru.
3. Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR
Matematika
3.11. Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya
Bahasa Indonesia
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu penyajian
PJOK
3.3. Memahami pengertian pola gerak dasar seperti gerak lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif
4.1. Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasikon seperti gerak (seperti konsep:tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

C. INDIKATOR
Matematika
Mengurutkan bilangan 1-5.
Bahasa Indonesia
Menebalkan angka 1-5 sesuai dengan Benda

PJOK
Melakukan gerakan lokomotor sesuai dengan arahan guru
Melakukan gerakan lokomotor berlari berpasangan

D. TUJUAN
Bermain Bersama Teman Baru(Kegiatan praktik)
Tujuan pembelajaran:
Setelah mendengar arahan dari guru siswa dapat mempraktikkan gerakkan lari dengan
benar.
Dengan memperhatikan contoh dari guru,siswa dapat mempraktikkan
Lari berpasangan sambil berpegangan tangan dengan benar.
Mengurutkan Bilangan bersama Teman Baru
Tujuan pembelajaran:
Dengan permainan kartu angka, siswa dapat mengurutkan bilangan 1–5 dengan benar.

E. MATERI
Bermain Bersama Teman Baru
Mengurutkan Bilangan bersama Teman Baru

F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusidan Ceramah

G. KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika danlagu yang relevan. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti Bermain Bersama Teman Baru
1. Guru mengajak siswa keluar kelas. Seluruh siswa diminta berbaris dengan rapi sesuai dengan urutan tinggi badan.
2. Siswa diminta melakukan pemanasan sebelum melakukan kegiatan olahraga.
3. Siswa diminta berlari berkeliling lapangan.
4. Siswa diminta untuk mencari pasangan yang telah ditentukan oleh guru sebelumnya.
5. Siswa diminta untuk saling berpegangan tangan.
6. Siswa diminta berlari mengelilingi lapangan sambil berpegangan tangan.
7. Setiap pasangan tidak boleh menyenggol pasangan lainnya.
8. Kegiatan ditutup dengan menanyakan pengalaman siswa saat mengikuti kegiatan.

Mengurutkan Bilanganbersama Teman Baru
1. Siswa diajak untuk berhitung dari 1–5, lalu menghitung mundur dari 5 sampai 1.
2. Siswa diminta untuk membentuk kelompok sejumlah 5 orang, tidak boleh lebih.
3. Guru membagikan kalung angka yang sudah dibuat.
4. Setiap kelompok mendapat 1 set kalung bernomor
bilangan 1–5.
5. Masing-masing siswa mendapat satu kalung lalu memakainya. Kalung angka diberikan secara acak kepada setiap anggota kelompok.
6. Siswa akan diminta berbaris berurutan dikelompoknya setelah ada aba-aba dari guru.
7. Lalu guru memberi aba-aba agar setiap kelompok bersiap-siap.
8. Ulangi kegiatan yang sama, tetapi sebelumnya bertukar kalung dengan nomor lainnya untuk mendapatkan pengalaman lebih banyak.
9. Siswa kembali kekelas dan diminta untuk mengerjakan latihan menebalkan angka dan mengurutkan bilangan pada halaman buku siswa.

Kegiatan Penutup
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.

H. SUMBER DAN  MEDIA
Dirianak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku SiswaTema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
Buku Pengembangan Diri Anak.
Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
Video/slide/buklet/pamflet/gambartentang Aku dan Teman Baru.
Kalung angka dari karton bertuliskan nomor 1-5 beberapa set (sesuai jumlah kelompok yang mungkin terbentuk).

I. PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.

b. PenilaianHasilBelajar
Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan testulis dan lisan (terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses
1) Penilaian Kinerja.
2) Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar
Pilihan ganda.
Isian singkat.
Esai atau uraian.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 6

Nama Sekolah :
Kelas / Semester : I / I
Tema : I. Diriku
Subtema : I. Aku dan Teman Baruku
Pembelajaran  ke : 6
Alokasi Waktu :

A. Kompetensi Inti (KI)

1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya .
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak  sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar dan Indokator Pencapaian Kompetensi

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah • Dengan bermain kartu huruf dan 
berlatih, siswa dapat menyusun hurufhuruf
penyusun nama dengan benar.
• Setelah bermain kartu huruf dan berlatih, siswa dapat mengenali huruf
pertama dari sebuah nama, baik huruf vokal maupun konsonan.
4.3 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan berlaku dalam kehidupan sehari-hari dirumah • Dengan bercerita, siswa dapat menggunakan huruf vokal dan konsonan
dalam sebuah kata dan menyusunnya menjadi kalimat.

Matematika
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Menjelaskan bilangan samapai dua angka dan nilai tempat penyusunan lambang bilangan menggunakankumpulan benda konkret serta cara membacanya

4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan obyek dengan ide nilai tempat • Dengan bercerita, siswa dapat membilang banyaknya huruf penyusun nama sendiri dan nama teman.

• Dengan belajar dan berlatih, siswa dapat membilang benda dan
menuliskan lambang bilangannya.

PPKn
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Mengidentifikasikan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

4.2. Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah • Dengan berdoa sebelum melakukan kegiatan di sekolah, siswa dapat
mempraktikkannya di rumah.

• siswa dapat mempraktikan kegiatan memberi salam saat masuk rumah

C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan bermain kartu huruf dan berlatih, siswa dapat menyusun hurufhuruf penyusun nama dengan benar.
2. Setelah bermain kartu huruf dan berlatih, siswa dapat mengenali huruf pertama dari sebuah nama, baik huruf vokal maupun konsonan.
3. Dengan bercerita, siswa dapat menggunakan huruf vokal dan konsonan dalam sebuah kata dan menyusunnya menjadi kalimat.
4. Dengan bercerita, siswa dapat membilang banyaknya huruf penyusun nama sendiri dan nama teman.
5. Dengan belajar dan berlatih, siswa dapat membilang benda dan menuliskan lambang bilangannya.
6. Dengan berdoa sebelum melakukan kegiatan di sekolah, siswa dapat mempraktikkannya di rumah.

D. Materi Pembelajaran
1. Tata tertib / aturan di rumah
2. Persiapan mengenal huruf-huruf untuk membaca dan menulis permulaan
3. Lambang bunyi vokal dan konsonan
4. Bilangan cacah
5. Lambang bilangan

E. Metode Pembelajaran
1. Permainan
2. Simulasi

F. Langkah-langkah kegiatan
1. Kegiatan Pembuka
Guru memberikan salam pembuka di awal pelajaran
Guru mengajak siswa berdoa sebelum melakukan kegiatan.
Guru menanamkan nilai bahwa berdoa kepada Tuhan sebelum belajar bertujuan agar kegiatan hari ini bermanfaat dan berlangsung dengan baik.
Siswa berdoa berdasarkan keyakinan masing-masing.
Guru memimpin doa sebelum kegiatan
Setelah berdoa, kegiatan pun dimulai.
Guru meminta siswa untuk menyebutkan nama masing-masing dan menyebutkan huruf-huruf penyusun namanya. Ini untuk mengingatkan kembali siswa tentang huruf a-z.

2. Kegiatan Inti
Guru kembali membagi siswa dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu huruf a-z dan satu set kartu huruf vokal.
Setiap kelompok diminta membuka buku siswa halaman 30. Mereka melihat nama-nama yang hurufnya disusun acak. Bersama teman kelompok, para siswa menyusun kembali nama-nama tersebut dengan menggunakan kartu huruf yang telah diberikan.
Contoh cara mengerjakannya juga telah tersedia di Buku Siswa halaman 30.
Guru berkeliling mengamati pekerjaan setiap kelompok sambil menanyakan adakah bagian yang sulit dan memerlukan bantuan guru.
Setelah semua kelompok selesai mengerjakan, secara acak guru meminta  tiap kelompok menunjukkan kartu huruf dari sebuah nama yang ada di buku siswa halaman 30.
Guru dan siswa lalu bertanya, nama siapakah yang paling susah untuk ditebak dan disusun huruf-hurufnya? Mengapa?
Selesai menyusun huruf, setiap kelompok memilih satu orang siswa anggotanya untuk bercerita tentang nama sendiri dan nama satu orang teman beserta huruf-huruf penyusunnya.Tak lupa siswa untuk membilang banyaknya huruf penyusun nama. (lihat buku siswa halaman 32)
Para siswa kembali ke tempat duduk masing-masing. Untuk menguatkan siswa tentang huruf a-z, siswa berlatih mengerjakan soal di buku siswa halaman 31.
Setelah berlatih soal, guru meminta siswa melihat ke papan tulis.
Guru sudah menempel kartu lambang bilangan 1 sampai dengan 10 di  papan tulis.
Guru mengajak siswa membaca lambang bilangan secara berurut dari 1 sampai dengan 10.
Guru lalu menunjuk kumpulan benda-benda tertentu. Siswa diminta membilang benda tersebut dan mengidentifikasi lambang bilangannya.
Kegiatan ini diulang beberapa kali. (lihat buku siswa halaman 33)
Kemudian, siswa diminta untuk belajar dan berlatih membilang banyaknya benda yang ada di Buku Siswa pada halaman 34-35.
Siswa menuliskan lambang bilangannya di dalam kotak yang

3. Kegiatan Penutup
Sebelum kegiatan ditutup, guru dan siswa sama-sama melakukan refleksi  kegiatan pada hari ini.
Secara acak guru menunjuk beberapa siswa dan meminta mereka untuk menyebutkan dan melafalkan huruf-huruf penyusun nama.
Setelah itu, guru menunjukkan lambang bilangan dari 1 sampai dengan 10 dari kartu angka, lalu siswa bersama-sama membaca lambang bilangan tersebut.
Guru kemudian menunjuk siswa secara acak untuk menuliskan lambang bilangan dari 1 sampai dengan 10.
Refleksi ditutup dengan doa karena kegiatan hari ini telah selesai. Guru memimpin doa. Guru mengingatkan siswa agar selalu berdoa sebelum melakukan kegiatan di rumah.
Guru memberikan salam penutup, siswa berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.

G. Penilaian
Penilaian Sikap
Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan.

Penilaian Pengetahuan
- Tes tertulis
(Guru bisa mengambil nilai pengetahuan dari latihan yang dikerjakan siswa di Buku Siswa. Selain itu, guru juga bisa mengembangkan pertanyaan dari materi yang telah diberikan, sesuai dengan kondisi di kelas.)

Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk kerja: Bercerita tentang nama diri sendiri dan teman baru

Kegiatan Pengayaan
1. Siswa membuat kartu huruf nama dua anggota keluarga di rumah.
2. Siswa menghitung benda milik sendiri di sekolah yang banyaknya 1  sampai dengan 10 lalu menuliskan nama dan lambang bilangannya.
3. Siswa membentuk kelompok lalu saling bercerita dengan teman di kelompoknya tentang aturan saat ke luar dan masuk rumah serta berdoa sebelum melakukan kegiatan.

Kegiatan Remedial
1. Guru membantu siswa mengenal huruf a-z.
2. Guru menyusun kartu huruf a-z secara berurutan.
3. Siswa menirukan untuk membaca huruf a-z.
4. Siswa menyebutkan nama sendiri.
5. Guru menuliskan nama seorang siswa, lalu siswa tersebut mengidentifikasi huruf penyusun nama sendiri.
6. Siswa mengambil huruf-huruf penyusun nama dari kartu huruf.
7. Siswa menyebutkan nama lengkap dan panggilannya.

H. Media  Pembelajaran
Kartu-kartu huruf dari a-z minimal sebanyak 3 set. (atau disesuaikan dengan jumlah kelompok yang dibentuk).
Kartu-kartu huruf vokal minimal sebanyak 3 set (atau disesuaikan dengan jumlah kelompok yang dibentuk) dan bisa dikalungkan.
Kartu bilangan.
Buku Siswa.
Sumber https://www.anekapendidikan.com/

0 Response to "RPP K13 Kelas 1 Tema Diriku Sub Tema Aku Dan Teman Baru Pembelajaran 1-6"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel