RPP K13 Kelas 1 Tema Diriku sub Tema Tubuhku Pembelajaran 1-6
RPP K13 Kelas 1 Tema Diriku sub Tema Tubuhku Pembelajaran 1-6
Bapak dan Ibu Guru dimanapun berada. Manfaat dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), diantaranya untuk pedoman bagi guru dalam memberikan pembelajaran, sehingga lebih sistematis dan terencana untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam waktu yang terbatas. Dengan pendekatan scientific dan perencanaan pembelajaran yang matang diharapkan pembelajaran lebih bermakna, lebih terarah, dan menyenangkan, sehingga siswa akan lebih aktif, kreatif dan memahami apa yang disampaikan guru dan yang terpenting adalah tujuan pembelajaran pada saat itu tercapai.
Penyusunan rencana pembelajaran yang menarik dapat membuat siswa semangat dan termotivasi, tidak membosankan dan tentunya bagi siswa akan terasa lebih bermakna. Proses belajar mengajar menggunakan metode yang tepat dan bervariasi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik kemudian jangan lupa refleksi dan evaluasi pembelajaran untuk perbaikan dan penambahan metode pembelajaran yang lebih baik. Di sini saya mencoba memberi kemudahan pada Anda Para guru yang terkadang disibukkan dengan administrasi sehingga sangat sulit membagi waktu untuk membuat RPP. walaupun itu sebenarnya adalah kewajiban Anda membuat RPP. Anda bisa menggunakan RPP ini dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas 1 semester 1 Kirikulum 13 untuk jenjang SD/MI.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 1
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Tubuhku (Sub Tema)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
PPKn
4.2. Melaksanakan tata tertib dirumah dan sekolah
PJOK
3.1. Mengetahui bagian-bagian tubuh manusia dan kegunaannya
SBdP
4.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
Matematika
3.1. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah,
sekolah, atau tempat bermain
C. INDIKATOR
PPKn
Menunjukkan sikap tertib selama Pelajaran
PJOK
Menunjukkan bagian-bagian tubuh dengan tepat
SBdP
Menyanyikan lagu dengan irama yang tepat
Menjelaskan isi lagu yang dinyanyikan
Matematika
Menghitung banyak benda 1-5
Menuliskan lambang bilangan 1-5
D. TUJUAN
Mengenal Anggota Tubuh dengan Bernyanyi
Tujuan pembelajaran:
1. Setelah mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” dengan syair dan irama lagu yang tepat.
2. Setelah bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan nama-nama anggota tubuh dengan tepat.
3. Setelah mengamati gambar siswa dapat menghitung jumlah anggota tubuh dengan tepat.
4. Setelah mengamati gambar siswa dapat menuliskan jumlah anggota tubuh dengan tepat.
Permainan “Guru Berkata, Pegang ....”
Tujuan pembelajaran:
1. Dengan bermain, siswa dapat menunjukkan bagian-bagian tubuh dengan tepat.
2. Dengan mendengar penjelasan guru, siswa dapat mengikuti aturan yang berlaku dengan tertib.
E. MATERI
Mengenal Anggota Tubuh dengan Bernyanyi
Permainan “Guru Berkata, Pegang ....”
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
Kegiatan Inti
Mengenal Anggota Tubuh dengan Bernyanyi
1. Guru memulai kegiatan dengan mengajak siswa menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”.
2. Siswa menyanyikan lagu bersama-sama disertai tepukan sesuai irama.
3. Setelah semua siswa bias menyanyikan lagu tersebut, guru meminta siswa secara individu / berkelompok untuk menyanyikan lagu tersebut.
4. Siswa mengungkapkan perasaannya setelah bernyanyi di bawah bimbingan guru.
5. Lalu guru menunjukkan gambar (bagan) anggota tubuh dan meminta siswa mengamati gambar tersebut di buku siswa.
6. Siswa dan guru melakukan Tanya jawab berkaitan dengan nama-nama anggota tubuh sambil menunjuk bagian-bagian tubuh pada gambar
7. Kemudian siswa berlatih menghitung banyaknya anggota tubuh seperti yang ada di buku siswa.
8. Guru menutup kegiatan dengan menyanyikan lagu “Kepala Pundak”.
Kepala Pundak
Kepala pundak lutut kaki lutut kaki
Kepala pundak lutut kaki lutut kaki
Daun telinga, mata, hidung, mulut
Kepala pundak lutut kaki lutut kaki
Permainan “Guru Berkata, Pegang ....”
1. Dalam permainan ini siswa akan memegang bagian tubuh sesuai
instruksi guru.
2. Siswa diminta berdiri membentuk lingkaran.
3. Guru akan mengucapkan kata “Ibu/Bapak berkata...pegang hidung! (maka siswa diminta memegang hidungnya).
4. Untuk melatih konsentrasi siswa, guru memegang bagian tubuh yang tidak sama dengan yang disebutkan guru. Misalnya guru meminta siswa memegang telinga, tapi guru memegang kepala.
5. Seterusnya, siswa diminta memegang anggota tubuh secara bergantian sesuai aba-aba guru.
6. Selesai kegiatan siswa diminta maju ke depan dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh sesuai dengan permainan.
Kegiatan Penutup
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
H. SUMBER DAN MEDIA
• Dirianak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
• Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
• Buku Pengembangan Diri Anak.
• Sumber Motivasi/InspirasiHidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
• Video /slide/buklet/pamflet/ gambar tentang Tubuhku.
Syairlagu “Dua Mata Saya”
Gambar anggota tubuh manusia yang lengkap
I. PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan testulis dan lisan (terlampir).
2. InstrumenPenilaian
a. Penilaian Proses
1) Penilaian Kinerja.
2) Penilaian Produk.
b. PenilaianHasilBelajar
• Pilihan ganda.
• Isian singkat.
• Esai atau uraian.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Tubuhku (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
PPKn
4.2. Melaksanakan tata tertib dirumah dan sekolah
Bahasa Indonesia
3.1. Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1. Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu penyajian
SBdP
3.1. Mengenal cara dari hasil gambar ekspresi
4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil
pengamatan di lingkungan sekitar
4.13. Membuat karya kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui
Kegiatan melipat, menggunting, dan menempel
C. INDIKATOR
PPKn
Mengikuti aturan dalam kegiatan di Sekolah
Bahasa Indonesia
Membaca nama-nama anggota tubuh yang dipelajari
Melengkapi gambar anggota tubuh
Menyebutkan nama-nama anggota tubuh
SBdP
Menebalkan garis pada gambar
Mewarnai gambar
Menyusun potongan-potongan gambar anggota tubuh
D. TUJUAN
Membaca Nama-Nama Anggota Tubuh
Tujuan pembelajaran:
1. Dengan memperhatikan contoh bacaan guru, siswa dapat membaca nama-nama anggota tubuh dengan tepat.
2. Dengan bermain, siswa dapat memasangkan nama-nama anggota tubuh secara tepat.
Menyusun Potongan-Potongan Gambar Anggota Tubuh / Puzzle
Tujuan pembelajaran:
Dengan bekerja kelompok, siswa dapat menyusun potongan-potongan gambar anggota tubuh dengan tepat.
E. MATERI
Membaca Nama-Nama Anggota Tubuh
Menyusun Potongan-Potongan Gambar Anggota Tubuh / Puzzle
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
Kegiatan Inti
Membaca Nama-Nama Anggota Tubuh
1. Guru menyiapkan kartu-kartu kata yang bertuliskan nama-nama anggota tubuh.
2. Guru menunjukkan gambar anggota tubuh yang sudah dilengkapi dengan nama-namanya di halaman buku siswa.
3. Siswa membaca nama-nama anggota tubuh yang ada pada gambar di bawah bimbingan guru.
4. Guru memastikan siswa mampu mengikuti cara membaca nama-nama anggota tubuh yang dipaparkan.
5. Siswa diminta membaca nama-nama anggota tubuh tersebut secara
bergantian.
6. Sebagai puncaknya siswa melakukan permainan memasangkan kartu nama-nama anggota tubuh dengan gambar yang sudah disiapkan secara berkelompok
7. Siswa menempelkan hasil pekerjaan kelompoknya di kertas karton.
8. Siswa mengerjakan latihan di bukusiswa.
9. Jika masih ada waktu, maka kegiatan selanjutnya melengkapi gambar yang ada pada buku siswa hal.37.
Menyusun Potongan-Potongan Gambar Anggota Tubuh/Puzzle
1. Guru menunjukkan potongan gambar anggota tubuh yang ada di buku siswa (di buku siswa ada gambar bagian-bagian tubuh yang letaknya
Tidak beraturan.
2. Siswa merangkai potongan gambar (puzzle) dibawah bimbingan guru.
3. Guru menyiapkan potongan-potongan gambar anggota tubuh beberapa set.
4. Siswa diminta membentuk kelompok terdiri dari maksimum 5 kelompok.
5. Masing-masing kelompok diberikan satu set potongan gambar anggota tubuh.
6. Setiap kelompok berkompetisi menyusun potongan-potongan gambar tersebut menjadi gambar tubuh manusia secara utuh.
7. Kelompok yang paling cepat menyelesaikan tugasnya akan mendapatkan apresiasi dari guru dan lainnya.
8. Siswa mengerjakan latihan di buku siswa.
9. Guru dan siswa melakukan refleksi kegiatan yang sudah dilakukan dengan menanyakan bagaimana.
10. Setelah itu siswa diminta mengerjakan latihan menebalkan huruf di buku siswa.
Kegiatan Penutup
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
H. SUMBER DAN MEDIA
• Dirianak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungansekolah.
• Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
• Buku Pengembangan Diri Anak.
• Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
• Video /slide/buklet/pamflet/ gambar tentang Tubuhku.
• Gambar anggota tubuh yang sudah dilengkapi dengan nama-namanya
• Gambar anggota tubuh yang belum dilengkapi dengan nama-namanya
• Kartu nama-nama anggota tubuh (lima set)
I. PENILAIAN
3. ProsedurPenilaian
c. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
d. PenilaianHasilBelajar
Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan testulis dan lisan (terlampir).
4. Instrumen Penilaian
b. Penilaian Proses
1) Penilaian Kinerja.
2) Penilaian Produk.
c. PenilaianHasilBelajar
• Pilihan ganda.
• Isian singkat.
• Esai atau uraian.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 3
Nama Sekolah : SD Negeri
Kelas / Semester : I (Satu) / I
Tema 1 : Diriku
Sub Tema 2 : Tubuhku
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
Hari, Tanggal :
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.4 Mengenal kosa kata tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan atau syair lagu)
4.4 Menjelaskan dengan kosa katan yang tepat tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya (berupa gambar dan tulisan) dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan.
Indikator
3.4.1 Menjodohkan gambar dan kata anggota tubuh dengan tepat
4.4.1 Menggunakan kosa kata tentang anggota tubuh dengan tepat dalam bahasa lisan atau tulisan
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Indikator
3.2.34 Menggali informasi tentang hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan aturan menjaga kesehatan tubuh di rumah
Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek
4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan
Indikator
3.1.5 Menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan bilangan yang tepat (1 sampai dengan 10) *(diberikan setelah mengenal lambang bilangan)
4.1.5 Mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan yang diberikan (1 sampai dengan 10)
Tujuan Pembelajaran
1. Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menunjukkan banyak benda sesuai dengan lambang bilangan (1—5) dengan tepat.
2. Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menuliskan lambang bilangan sesuai dengan banyak benda.
3. Setelah mendengarkan contoh guru, siswa dapat menirukan membaca nyaring teks deskriptif.
4. Setelah mendengarkan bacaan guru, siswa dapat membaca nyaring teks deskriptif.
C. MATERI PEMBELAJARAN
Mengenal Bilangan 1-5
Membaca Teks Deskriptif tentang Anggota Tubuh
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Pada awal pelajaran, guru mengucapkan salam dan berdoa.
Guru mengajak siswa bernyanyi lagu – lsgu nasional “ Indonesia Raya”
guru memancing siswa dengan bertanya apakah ada yang suka membaca? Buku apa yang suka dibaca? Minta siswa mendemonstrasikan posisi duduk dan jarak mata dengan objek saat membaca di rumah.
Menghafalkan surat – surat pendek “Alfatihah “.
Inti
1. Siswa diajak menyanyikan lagu “Nama-Nama Jari”.
Nama Jari
Ibu jari pertama
Telunjuk yang kedua
Ketiga jari tengah
Keempat jari manis
Kelima itu kelingking
Tra la la la la la la la la 4x
Guru menjelaskan konsep bilangan 1—5 dengan
menggunakan jari tangan dan anggota tubuh lainnya.
Siswa secara bergantian menunjukkan jari tangan
sesuai bilangan yang ditentukan (1—5) di bawah
bimbingan guru.
Siswa diminta mencari benda-benda di kelas atau di
luar kelas sejumlah bilangan tertentu yang sedang
dipelajari.
Siswa diminta menunjukkan benda-benda yang
mereka kumpulkan dan menjelas kan banyak bendabenda tersebut.
Di akhir kegiatan, guru meminta siswa kembali
menyanyikan lagu “Nama-Nama Jari”.
42
Buku Guru Kelas 1 SD/MI
Siswa mengerjakan latihan di buku siswa hal. 39
Setelah siswa menyelesaikansoal latihan, guru
menyiapkan teks deskriptif sederhana tentang atubuh.
Contoh teks: (disajikan di buku siswa)
ini i-n-i i-ni
mata m-a-t-a ma-ta
kaki k-a-k-i ka-ki
saya s-a-y-a sa-ya
dua d-u-a du-a
Siswa menirukan guru membaca nyaring teks deskriptif tersebut dan mengulangnya sampai 3x.
Siswa secara bergantian membaca teks sederhana di bawah bimbingan guru.
Guru mengajukan pertanyaan untuk mengetahui
pemahaman siswa terhadap isi bacaan
Guru menutup pelajaran dengan meminta siswa membaca kembali teks tersebut bersama-sama.
Penutup
Menyanyikan lagu daerah
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
E. SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Guru dan Buku Siswa, Cetakan Ke-3 (Edisi Revisi), Tema : Diriku, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2016.
Gambar yang menunjukkan posisi duduk yang tepat.
Gambar yang menunjukkan jarak yang tepat antara mata dan objek bacaan.
Ilustrasi tentang kegiatan sebelum tidur di malam hari dan saat bangun di pagi hari.
F. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
Keterangan:
BT : Belum Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang () pada kolom yang sesuai
2. Penilaian Pengetahuan
- Tes tertulis tentang konsep bilangan.
(guru mengembangkan sendiri pertanyaan pada tes tertulis)
3. Penilaian Ketrampilan
Penilaian Unjuk kerja: mendemonstrasikan posisi tubuh saat duduk.
Kriteria
1. Kemampuan mendemon- strasikan posisi tubuh saat duduk
2. Kemampuan mendemons- trasikan jarak yang tepat antara mata dan objek saat mem- baca
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 4
Nama Sekolah : SD Negeri
Kelas / Semester : I (Satu) / I
Tema 1 : Diriku
Sub Tema 2 : Tubuhku
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
Hari, Tanggal :
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mengenal kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya terang) dengan cara yang benar
4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya terang) dengan cara yang benar
Indikator
3.1.3 Menunjukkan gambar cara memegang buku dan membalik halaman saat membaca
3.1.4 Menunjukkan gambar posisi cahaya yang benar saat membaca
4.1.3 Mendemonstrasikan cara memegang buku/objek bacaan dan membuka atau membalik halaman buku saat membaca
4.1.4 Mendemonstrasikan pencahayaan yang baik saat membaca
PJOK
Kompetensi Dasar (KD)
3.8 Memahami bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian.
4.8 Menceritakan bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian
Indikator
3.8.2 Menjelaskan bagian-bagian tubuh yang boleh disentuh dan tidak boleh disentuh orang lain
4.8.2 Menceritakan pengalaman tentang bagian-bagian tubuh yang boleh disentuh dan tidak boleh disentuh orang lain
SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
3.3 Memahami gerak anggota tubuh melalui tari
Indikator
3.3.1 Mengidentifikasi gerak anggota tubuh (kepala, badan, tangan, dan kaki) dalam suatu tarian
Tujuan pembelajaran:
1. Setelah bertanya jawab, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian tubuh.
2. Setelah mendengarkan contoh guru, siswa dapat menirukan membaca teks deskriptif dengan nyaring.
3. Dengan menggunakan kartu huruf siswa dapat menyusun nama-nama anggota tubuh dengan benar.
4. Setelah berlatih menulis di udara, di punggung, dan di pasir, siswa dapat menulis dengan menebalkan namanama anggota tubuh secara benar.
C. MATERI PEMBELAJARAN
Mengenal Fungsi Bagian Tubuh
Menyusun Huruf dan Menulis Kata
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Guru memberi salam dan mengajak berdoa sebagai awal pelajaran.
Menyanyi lagu – lagu Nasional
Membaca buku bacaan selama 15 menit sebelum kegiatan belajar dimulai.
Inti
1. Guru menyiapkan gambar-gambar siswa dalam
beberapa kegiatan.
2. Siswa diminta mengamati gambar tersebut
3. Guru mengajukan beberapa pertanyaan berkaian dengan kegunaan bagian tubuh sesuai gambar.
Contoh:
Apa yang kalian lihat pada gambar?
Kegiatan apa yang dilakukan oleh orang-orang yang kamu lihat pada gambar?
Bagian tubuh apa yang digunakan pada kegiatan
tersebut?, dan lain-lain
4. Kemudian, guru membaca teks sederhana tentang alat indra dan fungsinya.
5. Siswa secara bergantian menirukan membaca teks
sesuai contoh.
6. Kemudian siswa berlatih menebalkan huruf yang ada pada buku siswa.
7. Setelah itu, siswa melakukan permainan menyusun
huruf menjadi nama-nama bagian tubuh yang terdiri dari 4 huruf dengan bimbingan guru.
8. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok.
9. Guru membagikan kartu-kartu huruf kepada masing-masing kelompok.
10. Siswa menempelkan hasil kerjanya dkertas/karton.
11. Siswa menyusun huruf-huruf tersebut menjadi kata nama-nama bagian tubuh.
12. Masing-masing kelompok diminta membaca kan kata kata yang sudah dibentuknya.
13. Agar permainan lebih seru, guru menjadikan nya
sebuah kompetisi antarkelompok.
14. Selanjutnya, siswa berlatih menulis dengan cara menebalkan huruf seperti yang ada di buku siswa.
15. Lalu siswa mengulang membaca nyaring
Guru juga menjelaskan bahwa saat membaca, posisi cahaya dan banyaknya cahaya juga penting agar kesehatan mata tetap terjaga.
Guru lalu meminta siswa mendemonstrasikan cara memegang buku dan membalik halamannya. Siswa diminta untuk menerapkan posisi tubuh saat duduk yang tepat serta mengatur posisi antara mata dan buku dengan benar.
Guru mengamati siswa yang sedang melakukan demonstrasi, mengevaluasinya, dan membetulkan cara dan posisi tubuh yang salah.
Guru menutup kegiatan di hari ini dengan menari.
Minta siswa untuk berdiri. Guru memutar musik/memainkan alat musik, lalu minta siswa untuk mendengarkan musik tersebut.
Guru mengajak siswa untuk menggerakkan anggota tubuh, yaitu kepala, badan, tangan, dan kaki sesuai dengan irama lagu yang sedang didengarkan.
Guru memberikan instruksi untuk gerak dasar sebelum siswa berkreasi membuat gerakan sendiri. Instruksi gerak dasar tersebut adalah: Sikap berdiri, pandangan ke depan
Kedua tangan di pinggang
Kedua kaki dibuka, lutut ditekuk
Gerak kepala tengok kanan dan kiri
Siswa bebas menciptakan/mengkreasikan gerakan masing-masing asal sesuai dengan irama lagu/hitungan yang ada di alat musik/musik yang sedang didengarkan.
Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
E. SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Guru dan Buku Siswa, Cetakan Ke-3 (Edisi Revisi), Tema : Diriku, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2016.
Gambar tentang bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain.
Gambar tentang ilustrasi seorang siswa yang sedang membuka dan memegang buku serta pencahayaan yang tepat saat membaca buku.
Alat musik (jika ada) untuk mengiringi siswa menari.
F. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
Keterangan:
BT : Belum Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang () pada kolom yang sesuai
2. Penilaian Pengetahuan
Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
3. Penilaian Ketrampilan
a. Penilaian Unjuk kerja: mendemonstrasikan cara memegang buku dan membalik halamannya
Kriteria
1. Kemampuan mendemons- trasikan posisi tangan saat memegang dan membalik halaman buku
2. Kemampuan mendemons- trasikan posisi cahaya dan pencahayaan yang benar
b. Penilaian Unjuk kerja: Menari dengan hitungan atau sesuai dengan irama lagu
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 5
Nama Sekolah : SD Negeri Purwosari
Kelas / Semester : I (Satu) / I
Tema 1 : Diriku
Sub Tema 2 : Tubuhku
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
Hari, Tanggal :
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.3 Mengenal lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
Indikator
3.3.4 Menunjukkan huruf vokal dalam suatu kata yang terkait dengan tubuhku
3.3.5 Menunjukkan huruf konsonan dalam suatu kata yang terkait dengan tubuhku
4.3.4 Melafalkan huruf vokal suatu kata yang terkait dengan tubuhku
4.3.5 Melafalkan huruf konsonan suatu kata yang terkait dengan tubuhku
Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
Indikator
3.2.5 Membaca nama bilangan 1 sampai dengan 10
Tujuan pembelajaran:
1. Setelah kegiatan bernyanyi sambil bertepuk, siswa dapat menyanyikan lagu “Kalau Kau Suka Hati” sambil bergerak dengan benar.
2. Setelah mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menunjukkan perilaku tertib dan teratur selama kegiatan.
3. Setelah kegiatan menjiplak, siswa dapat mewarnai gambar dengan menggunakan 4 warna
4. Setelah mewarnai, siswa dapat menggunting dan menempel hasil jiplakan telapak tangan dengan rapi.
C. MATERI PEMBELAJARAN
Bernyanyi sambil Bermain (Syair Lagu: Kalau Kau Senang Hati)
Menjiplak Telapak Tangan
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa pembuka di awal pelajaran.
Mengajak bernyanyi lagu – lagu Nasional
Membaca buku bacaan 15 menit sebelum kegiatan belajar
Inti
Guru mengajak siswa keluar kelas.
Siswa diminta untuk membuat 2 kelompok lingkaran besar.
Siswa diminta menyanyikan lagu “Kalau Kau Senang Hati”
bersama-sama sambil berlatih gerak bertepuk mengikuti irama lagu.
Kata-kata ‘tepuk tangan lalu diganti dengan petik jari, tepuk paha, hentak kaki, dan lakukan semua.
Pada saat kata-kata “lakukan semua” siswa melakukan tepuk tangan, petik jari, tepuk paha, hentak kaki, dan hore secara berurutan.
Masing-masing kelompok diminta untuk menyanyi
secara bergantian.
Kegiatan ditutup dengan guru meminta siswa mencari teman untuk bermain tepuk tangan bersilang secara berpasangan.
Gerakannya adalah sebagai berikut.
a. Masing-masing bertepuk, lalu bertepuk ke kedua tangan teman.
b. Telapak tangan kanan bertepuk dengan telapak
tangan kanan teman.
c. Telapak tangan kiri bertepuk dengan telapak tangan kiri teman.
d. Masing-masing bertepuk, lalu menepuk kedua bahu, lutut, dan memegang ujung jari kaki.
Setelah itu, siswa mendengar penjelasan guru tentang kegiatan menjiplak telapak tangan.
Tema 1 Subtema: Tubuhku
Guru meletakkan 4 macam warna adonan bersamaan dengan 1 tempat air untuk membasahi tangan dan handuk kecil / lap untuk melap tangan.
Siswa dibagi menjadi 4 kelompok. Setiapkelompok
mendapatkan 1 karton manila warna putih yang diletakkan pada tempat yang berbeda.
Setiap siswa dari kelompok diminta meletakkan
telapak tangannya (dibasahi terlebih dahulu) sambil ditekan di atas adonan dengan warna yang berbeda dan mencetaknya di karton sehingga terdapat 4 warna cetakan telapak tangan siswa.
Setelah mencetak siswa mencuci tangannya dan
melapnya.
Guru memberi nama pada tiap cetakan telapak tangan dan biarkan mengering (dapat dipajang di kelas).
Guru menjelaskan untuk mendapatkan hasil yang baik pada saat menjiplak, telapak tangan ditekan yang kuat dan tidak bergerak, setelah cetakan telapak tangan selesai, siswa diminta mengganti cetakan tersebut.
Guru memberi contoh cara memegang dan menggunting dengan benar.
Siswa diminta menggunting, dan menempel di karton yang telah disediakan oleh guru.
Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
E. SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Guru dan Buku Siswa, Cetakan Ke-3 (Edisi Revisi), Tema : Diriku, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2016.
Kartu-kartu huruf dari a-z minimal sebanyak 3 set (atau disesuaikan dengan jumlah kelompok yang dibentuk).
Kartu-kartu huruf vocal minimal sebanyak 3 set (atau disesuaikan dengan jumlah kelompok yang dibentuk).
Kartu bilangan sebanyak 2 set.
F. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
Keterangan:
BT : Belum Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang () pada kolom yang sesuai
2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis tentang huruf penyusun nama anggota tubuh
3. Penilaian Ketrampilan
Penilaian Unjuk kerja: membilang lambang bilangan dan membaca namanya
Penilaian Unjuk kerja: membilang lambang bilangan dan membaca namanya
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARA (RPP) 6
Nama Sekolah : SD Negeri
Kelas / Semester : I (Satu) / I
Tema 1 : Diriku
Sub Tema 2 : Tubuhku
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
Hari, Tanggal :
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.3 Mengenal lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
Indikator
3.3.6 Menyusun huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang bermakna yang terkait dengan tubuhku.
4.3.6 Menggunakan huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang bermakna dalam kalimat yang terkait dengan dengan tubuhku
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Indikator
3.2.6 Menyebutkan hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan menjaga kesehatan tubuh di rumah
Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat
Indikator
4.2.5 Menuliskann bilangan (1 sampai dengan 10) sesuai dengan banyak anggota kumpulan objek yang diberikan
Tujuan pembelajaran:
1. Dengan bermain siswa, dapat meng gerakkan kaki sesuai petunjuk permainan.
2. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menunjukkan kegiatan yang menggunakan kaki.
3. Setelah bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan kegunaan kaki.
C. MATERI PEMBELAJARAN
Tapak Gunung (Permainan Menggunakan Gerakan Kaki)
Mengamati Gambar dan Mendiskusikan Hasil Pengamatan Gambar
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Guru memberikan salam dan doa pembuka di awal pelajaran.
Menyanyikan lagu – lagu Nasional
Membacakan buku bacaan 15 menit sebelum kegiatan belajar dimulai
Inti
Guru membuka pelajaran dengan menceritakan
pentingnya memiliki kaki (jika memungkinkan guru dapat
menayangkan cuplikan-cuplikan video yang menunjukkan pentingnya kaki).
Guru menyampaikan bahwa dalam permainan pun kita banyak menggunakan kaki.
Guru bertanya permainan apa saja yang meng gunakan kaki.
Guru menyampaikan salah satunya adalah pada
permainan Tapak Gunung.
Siswa diajak ke luar kelas untuk bermain Tapak Gunung.
Siswa diminta berbaris dengan rapi dan tertib.
Guru memandu siswa melakukan gerakan-gerakan di tempat baik gerakan tangan, kaki, kepala, pinggul dan sebagainya untuk pemanasan.
Kemudian guru meminta siswa untuk berlari beberapa putaran (guru menyesuaikan)
Guru meminta siswa membentuk kelompok (jumlah disesuaikan dengan jumlah murid di sekolah).
Guru menggambar sarana bermain tapak gunung
(engklek) di atas area bermain.
Guru menjelaskan aturan dan tata tertib pemainan,
serta pentingnya mengikuti aturan/tata tertib dalam
permainan.
Masing-masing siswa diminta mencari gacoan (pecahan genting, atau koin).
Kemudian siswa melakukan permainan tapak gunung berkelompok.
Guru mengamati dan mengarahkan siswa selama
bermain.
53
Tema 1 Subtema: Tubuhku
Setelah selesai guru mengajak siswa mendiskusikan halhal yang dapat diambil sebagai pelajaran dari permainan tersebut.
Setelah diskusi, guru menyampaikan informasi bahwa siswa akan melihat lebih jauh kegiatan-kegiatan lain yang mengguna kan kaki.
Siswa diminta mengamati gambar di buku siswa.
Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang sedang diamati dengan pertanyaan-pertanyaan terbuka yang membuat siswa menggunakan kemampuan berpikir kritis misalnya guru menanyakan apa yang dapat siswa amati dari gambar tersebut, apa hubungan gambar-gambar tersebut dengan pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya.
Siswa diminta memberikan contoh-contoh kegiatan
lain yang berhubungan dengan kegunaan kaki.
Setelah diskusi siswa diminta mengerjakan lembar
kerja yang berhubungan dengan kegunaan kaki, dan perilaku yang baik dalam menggunakan kaki.
Sebagai penutup guru menanyakan kembali kegiatankegiatan yang menggunakan kaki.
Guru menyampaikan bahwa kita harus bersyukur
mempunyai kaki yang sangat berguna.
Penutup
Kegiatan hari itu ditutup dengan melakukan pendinginan. Siswa beristirahat sambil duduk meluruskan kaki dan minum.
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
E. SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Guru dan Buku Siswa, Cetakan Ke-3 (Edisi Revisi), Tema : Diriku, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2016.
Kapur tulis untuk menggambar sarana bermain Tapak Gunung
Gambar kegiatan sehari-hari yang menggunakan kaki
F. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
Keterangan:
BT : Belum Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang () pada kolom yang sesuai
2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis
3. Penilaian Ketrampilan
a. Penilaian Unjuk kerja: membaca nyaring
b. Penilaian Unjuk kerja: menulis lambang bilangan
Kegiatan Pengayaan
1. Siswa menyusun huruf-huruf penyusun nama bagian-bagian tubuh secara mandiri tanpa melihat kartu nama yang telah dibuat oleh guru.
2. Siswa mengeksplorasi panca indera dengan cara: Mengamati dan mengidentifikasi benda apa saja yang ada di kelas
- Meraba tekstur benda di sekitar kelas dengan kulit
- Mencium aroma tanaman yang ada di kelas (jika ada)
- Mengecap rasa dari berbagai jenis makanan/buah/sayur yang telah disediakan oleh guru
Kegiatan Remedial
1. Guru membantu siswa mengenal bagian-bagian tubuh: Guru membentangkan gambar bagain tubuh
- Siswa mengamati gambar tersebut
- Siswa mengikuti ucapan guru untuk menyebutkan nama bagian tubuh
- Siswa melihat bagian tubuh yang ditunjuk oleh guru saat guru menyebutkan nama bagian tubuh tersebut
2. Guru membantu siswa mengenal panca indera dan fungsinya Guru membentangkan gambar panca indera
- Siswa mengamati gambar tersebut
- Siswa mengikuti ucapan guru untuk menyebutkan nama panca indera dan fungsinya
- Siswa menunjuk panca indera sendiri saat guru menyebutkan nama panca indera tersebut
3. Guru membantu siswa membaca lambang dan nama bilangan Guru menyusun kartu bilangan dari 1 sampai dengan 10 secara berurutan
- Siswa menirukan guru membaca nama bilangan dari 1 sampai dengan 10 saat guru menunjukkan lambang bilangannya
- Guru lalu menunjukkan kartu nama bilangan
- Siswa menirukan ucapan guru saat dibacakan nama bilangannya
- Satu per satu guru memasangkan nama bilangan dan lambangnya serta cara mengucapkannya.
- Siswa diminta mengulangi sendiri, satu per satu berulang-ulang mulai dari bilangan 1 sampai dengan 10.
Sumber https://www.anekapendidikan.com/
Bapak dan Ibu Guru dimanapun berada. Manfaat dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), diantaranya untuk pedoman bagi guru dalam memberikan pembelajaran, sehingga lebih sistematis dan terencana untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam waktu yang terbatas. Dengan pendekatan scientific dan perencanaan pembelajaran yang matang diharapkan pembelajaran lebih bermakna, lebih terarah, dan menyenangkan, sehingga siswa akan lebih aktif, kreatif dan memahami apa yang disampaikan guru dan yang terpenting adalah tujuan pembelajaran pada saat itu tercapai.
Penyusunan rencana pembelajaran yang menarik dapat membuat siswa semangat dan termotivasi, tidak membosankan dan tentunya bagi siswa akan terasa lebih bermakna. Proses belajar mengajar menggunakan metode yang tepat dan bervariasi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik kemudian jangan lupa refleksi dan evaluasi pembelajaran untuk perbaikan dan penambahan metode pembelajaran yang lebih baik. Di sini saya mencoba memberi kemudahan pada Anda Para guru yang terkadang disibukkan dengan administrasi sehingga sangat sulit membagi waktu untuk membuat RPP. walaupun itu sebenarnya adalah kewajiban Anda membuat RPP. Anda bisa menggunakan RPP ini dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas 1 semester 1 Kirikulum 13 untuk jenjang SD/MI.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 1
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Tubuhku (Sub Tema)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
PPKn
4.2. Melaksanakan tata tertib dirumah dan sekolah
PJOK
3.1. Mengetahui bagian-bagian tubuh manusia dan kegunaannya
SBdP
4.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
Matematika
3.1. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah,
sekolah, atau tempat bermain
C. INDIKATOR
PPKn
Menunjukkan sikap tertib selama Pelajaran
PJOK
Menunjukkan bagian-bagian tubuh dengan tepat
SBdP
Menyanyikan lagu dengan irama yang tepat
Menjelaskan isi lagu yang dinyanyikan
Matematika
Menghitung banyak benda 1-5
Menuliskan lambang bilangan 1-5
D. TUJUAN
Mengenal Anggota Tubuh dengan Bernyanyi
Tujuan pembelajaran:
1. Setelah mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” dengan syair dan irama lagu yang tepat.
2. Setelah bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan nama-nama anggota tubuh dengan tepat.
3. Setelah mengamati gambar siswa dapat menghitung jumlah anggota tubuh dengan tepat.
4. Setelah mengamati gambar siswa dapat menuliskan jumlah anggota tubuh dengan tepat.
Permainan “Guru Berkata, Pegang ....”
Tujuan pembelajaran:
1. Dengan bermain, siswa dapat menunjukkan bagian-bagian tubuh dengan tepat.
2. Dengan mendengar penjelasan guru, siswa dapat mengikuti aturan yang berlaku dengan tertib.
E. MATERI
Mengenal Anggota Tubuh dengan Bernyanyi
Permainan “Guru Berkata, Pegang ....”
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
Kegiatan Inti
Mengenal Anggota Tubuh dengan Bernyanyi
1. Guru memulai kegiatan dengan mengajak siswa menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”.
2. Siswa menyanyikan lagu bersama-sama disertai tepukan sesuai irama.
3. Setelah semua siswa bias menyanyikan lagu tersebut, guru meminta siswa secara individu / berkelompok untuk menyanyikan lagu tersebut.
4. Siswa mengungkapkan perasaannya setelah bernyanyi di bawah bimbingan guru.
5. Lalu guru menunjukkan gambar (bagan) anggota tubuh dan meminta siswa mengamati gambar tersebut di buku siswa.
6. Siswa dan guru melakukan Tanya jawab berkaitan dengan nama-nama anggota tubuh sambil menunjuk bagian-bagian tubuh pada gambar
7. Kemudian siswa berlatih menghitung banyaknya anggota tubuh seperti yang ada di buku siswa.
8. Guru menutup kegiatan dengan menyanyikan lagu “Kepala Pundak”.
Kepala Pundak
Kepala pundak lutut kaki lutut kaki
Kepala pundak lutut kaki lutut kaki
Daun telinga, mata, hidung, mulut
Kepala pundak lutut kaki lutut kaki
Permainan “Guru Berkata, Pegang ....”
1. Dalam permainan ini siswa akan memegang bagian tubuh sesuai
instruksi guru.
2. Siswa diminta berdiri membentuk lingkaran.
3. Guru akan mengucapkan kata “Ibu/Bapak berkata...pegang hidung! (maka siswa diminta memegang hidungnya).
4. Untuk melatih konsentrasi siswa, guru memegang bagian tubuh yang tidak sama dengan yang disebutkan guru. Misalnya guru meminta siswa memegang telinga, tapi guru memegang kepala.
5. Seterusnya, siswa diminta memegang anggota tubuh secara bergantian sesuai aba-aba guru.
6. Selesai kegiatan siswa diminta maju ke depan dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh sesuai dengan permainan.
Kegiatan Penutup
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
H. SUMBER DAN MEDIA
• Dirianak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
• Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
• Buku Pengembangan Diri Anak.
• Sumber Motivasi/InspirasiHidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
• Video /slide/buklet/pamflet/ gambar tentang Tubuhku.
Syairlagu “Dua Mata Saya”
Gambar anggota tubuh manusia yang lengkap
I. PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan testulis dan lisan (terlampir).
2. InstrumenPenilaian
a. Penilaian Proses
1) Penilaian Kinerja.
2) Penilaian Produk.
b. PenilaianHasilBelajar
• Pilihan ganda.
• Isian singkat.
• Esai atau uraian.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Tubuhku (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
PPKn
4.2. Melaksanakan tata tertib dirumah dan sekolah
Bahasa Indonesia
3.1. Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1. Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu penyajian
SBdP
3.1. Mengenal cara dari hasil gambar ekspresi
4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil
pengamatan di lingkungan sekitar
4.13. Membuat karya kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui
Kegiatan melipat, menggunting, dan menempel
C. INDIKATOR
PPKn
Mengikuti aturan dalam kegiatan di Sekolah
Bahasa Indonesia
Membaca nama-nama anggota tubuh yang dipelajari
Melengkapi gambar anggota tubuh
Menyebutkan nama-nama anggota tubuh
SBdP
Menebalkan garis pada gambar
Mewarnai gambar
Menyusun potongan-potongan gambar anggota tubuh
D. TUJUAN
Membaca Nama-Nama Anggota Tubuh
Tujuan pembelajaran:
1. Dengan memperhatikan contoh bacaan guru, siswa dapat membaca nama-nama anggota tubuh dengan tepat.
2. Dengan bermain, siswa dapat memasangkan nama-nama anggota tubuh secara tepat.
Menyusun Potongan-Potongan Gambar Anggota Tubuh / Puzzle
Tujuan pembelajaran:
Dengan bekerja kelompok, siswa dapat menyusun potongan-potongan gambar anggota tubuh dengan tepat.
E. MATERI
Membaca Nama-Nama Anggota Tubuh
Menyusun Potongan-Potongan Gambar Anggota Tubuh / Puzzle
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
Kegiatan Inti
Membaca Nama-Nama Anggota Tubuh
1. Guru menyiapkan kartu-kartu kata yang bertuliskan nama-nama anggota tubuh.
2. Guru menunjukkan gambar anggota tubuh yang sudah dilengkapi dengan nama-namanya di halaman buku siswa.
3. Siswa membaca nama-nama anggota tubuh yang ada pada gambar di bawah bimbingan guru.
4. Guru memastikan siswa mampu mengikuti cara membaca nama-nama anggota tubuh yang dipaparkan.
5. Siswa diminta membaca nama-nama anggota tubuh tersebut secara
bergantian.
6. Sebagai puncaknya siswa melakukan permainan memasangkan kartu nama-nama anggota tubuh dengan gambar yang sudah disiapkan secara berkelompok
7. Siswa menempelkan hasil pekerjaan kelompoknya di kertas karton.
8. Siswa mengerjakan latihan di bukusiswa.
9. Jika masih ada waktu, maka kegiatan selanjutnya melengkapi gambar yang ada pada buku siswa hal.37.
Menyusun Potongan-Potongan Gambar Anggota Tubuh/Puzzle
1. Guru menunjukkan potongan gambar anggota tubuh yang ada di buku siswa (di buku siswa ada gambar bagian-bagian tubuh yang letaknya
Tidak beraturan.
2. Siswa merangkai potongan gambar (puzzle) dibawah bimbingan guru.
3. Guru menyiapkan potongan-potongan gambar anggota tubuh beberapa set.
4. Siswa diminta membentuk kelompok terdiri dari maksimum 5 kelompok.
5. Masing-masing kelompok diberikan satu set potongan gambar anggota tubuh.
6. Setiap kelompok berkompetisi menyusun potongan-potongan gambar tersebut menjadi gambar tubuh manusia secara utuh.
7. Kelompok yang paling cepat menyelesaikan tugasnya akan mendapatkan apresiasi dari guru dan lainnya.
8. Siswa mengerjakan latihan di buku siswa.
9. Guru dan siswa melakukan refleksi kegiatan yang sudah dilakukan dengan menanyakan bagaimana.
10. Setelah itu siswa diminta mengerjakan latihan menebalkan huruf di buku siswa.
Kegiatan Penutup
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
H. SUMBER DAN MEDIA
• Dirianak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungansekolah.
• Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
• Buku Pengembangan Diri Anak.
• Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
• Video /slide/buklet/pamflet/ gambar tentang Tubuhku.
• Gambar anggota tubuh yang sudah dilengkapi dengan nama-namanya
• Gambar anggota tubuh yang belum dilengkapi dengan nama-namanya
• Kartu nama-nama anggota tubuh (lima set)
I. PENILAIAN
3. ProsedurPenilaian
c. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
d. PenilaianHasilBelajar
Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan testulis dan lisan (terlampir).
4. Instrumen Penilaian
b. Penilaian Proses
1) Penilaian Kinerja.
2) Penilaian Produk.
c. PenilaianHasilBelajar
• Pilihan ganda.
• Isian singkat.
• Esai atau uraian.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 3
Nama Sekolah : SD Negeri
Kelas / Semester : I (Satu) / I
Tema 1 : Diriku
Sub Tema 2 : Tubuhku
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
Hari, Tanggal :
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.4 Mengenal kosa kata tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan atau syair lagu)
4.4 Menjelaskan dengan kosa katan yang tepat tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya (berupa gambar dan tulisan) dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan.
Indikator
3.4.1 Menjodohkan gambar dan kata anggota tubuh dengan tepat
4.4.1 Menggunakan kosa kata tentang anggota tubuh dengan tepat dalam bahasa lisan atau tulisan
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Indikator
3.2.34 Menggali informasi tentang hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan aturan menjaga kesehatan tubuh di rumah
Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek
4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan
Indikator
3.1.5 Menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan bilangan yang tepat (1 sampai dengan 10) *(diberikan setelah mengenal lambang bilangan)
4.1.5 Mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan yang diberikan (1 sampai dengan 10)
Tujuan Pembelajaran
1. Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menunjukkan banyak benda sesuai dengan lambang bilangan (1—5) dengan tepat.
2. Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menuliskan lambang bilangan sesuai dengan banyak benda.
3. Setelah mendengarkan contoh guru, siswa dapat menirukan membaca nyaring teks deskriptif.
4. Setelah mendengarkan bacaan guru, siswa dapat membaca nyaring teks deskriptif.
C. MATERI PEMBELAJARAN
Mengenal Bilangan 1-5
Membaca Teks Deskriptif tentang Anggota Tubuh
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Pada awal pelajaran, guru mengucapkan salam dan berdoa.
Guru mengajak siswa bernyanyi lagu – lsgu nasional “ Indonesia Raya”
guru memancing siswa dengan bertanya apakah ada yang suka membaca? Buku apa yang suka dibaca? Minta siswa mendemonstrasikan posisi duduk dan jarak mata dengan objek saat membaca di rumah.
Menghafalkan surat – surat pendek “Alfatihah “.
Inti
1. Siswa diajak menyanyikan lagu “Nama-Nama Jari”.
Nama Jari
Ibu jari pertama
Telunjuk yang kedua
Ketiga jari tengah
Keempat jari manis
Kelima itu kelingking
Tra la la la la la la la la 4x
Guru menjelaskan konsep bilangan 1—5 dengan
menggunakan jari tangan dan anggota tubuh lainnya.
Siswa secara bergantian menunjukkan jari tangan
sesuai bilangan yang ditentukan (1—5) di bawah
bimbingan guru.
Siswa diminta mencari benda-benda di kelas atau di
luar kelas sejumlah bilangan tertentu yang sedang
dipelajari.
Siswa diminta menunjukkan benda-benda yang
mereka kumpulkan dan menjelas kan banyak bendabenda tersebut.
Di akhir kegiatan, guru meminta siswa kembali
menyanyikan lagu “Nama-Nama Jari”.
42
Buku Guru Kelas 1 SD/MI
Siswa mengerjakan latihan di buku siswa hal. 39
Setelah siswa menyelesaikansoal latihan, guru
menyiapkan teks deskriptif sederhana tentang atubuh.
Contoh teks: (disajikan di buku siswa)
ini i-n-i i-ni
mata m-a-t-a ma-ta
kaki k-a-k-i ka-ki
saya s-a-y-a sa-ya
dua d-u-a du-a
Siswa menirukan guru membaca nyaring teks deskriptif tersebut dan mengulangnya sampai 3x.
Siswa secara bergantian membaca teks sederhana di bawah bimbingan guru.
Guru mengajukan pertanyaan untuk mengetahui
pemahaman siswa terhadap isi bacaan
Guru menutup pelajaran dengan meminta siswa membaca kembali teks tersebut bersama-sama.
Penutup
Menyanyikan lagu daerah
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
E. SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Guru dan Buku Siswa, Cetakan Ke-3 (Edisi Revisi), Tema : Diriku, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2016.
Gambar yang menunjukkan posisi duduk yang tepat.
Gambar yang menunjukkan jarak yang tepat antara mata dan objek bacaan.
Ilustrasi tentang kegiatan sebelum tidur di malam hari dan saat bangun di pagi hari.
F. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
Keterangan:
BT : Belum Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang () pada kolom yang sesuai
2. Penilaian Pengetahuan
- Tes tertulis tentang konsep bilangan.
(guru mengembangkan sendiri pertanyaan pada tes tertulis)
3. Penilaian Ketrampilan
Penilaian Unjuk kerja: mendemonstrasikan posisi tubuh saat duduk.
Kriteria
1. Kemampuan mendemon- strasikan posisi tubuh saat duduk
2. Kemampuan mendemons- trasikan jarak yang tepat antara mata dan objek saat mem- baca
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 4
Nama Sekolah : SD Negeri
Kelas / Semester : I (Satu) / I
Tema 1 : Diriku
Sub Tema 2 : Tubuhku
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
Hari, Tanggal :
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mengenal kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya terang) dengan cara yang benar
4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya terang) dengan cara yang benar
Indikator
3.1.3 Menunjukkan gambar cara memegang buku dan membalik halaman saat membaca
3.1.4 Menunjukkan gambar posisi cahaya yang benar saat membaca
4.1.3 Mendemonstrasikan cara memegang buku/objek bacaan dan membuka atau membalik halaman buku saat membaca
4.1.4 Mendemonstrasikan pencahayaan yang baik saat membaca
PJOK
Kompetensi Dasar (KD)
3.8 Memahami bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian.
4.8 Menceritakan bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian
Indikator
3.8.2 Menjelaskan bagian-bagian tubuh yang boleh disentuh dan tidak boleh disentuh orang lain
4.8.2 Menceritakan pengalaman tentang bagian-bagian tubuh yang boleh disentuh dan tidak boleh disentuh orang lain
SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
3.3 Memahami gerak anggota tubuh melalui tari
Indikator
3.3.1 Mengidentifikasi gerak anggota tubuh (kepala, badan, tangan, dan kaki) dalam suatu tarian
Tujuan pembelajaran:
1. Setelah bertanya jawab, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian tubuh.
2. Setelah mendengarkan contoh guru, siswa dapat menirukan membaca teks deskriptif dengan nyaring.
3. Dengan menggunakan kartu huruf siswa dapat menyusun nama-nama anggota tubuh dengan benar.
4. Setelah berlatih menulis di udara, di punggung, dan di pasir, siswa dapat menulis dengan menebalkan namanama anggota tubuh secara benar.
C. MATERI PEMBELAJARAN
Mengenal Fungsi Bagian Tubuh
Menyusun Huruf dan Menulis Kata
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Guru memberi salam dan mengajak berdoa sebagai awal pelajaran.
Menyanyi lagu – lagu Nasional
Membaca buku bacaan selama 15 menit sebelum kegiatan belajar dimulai.
Inti
1. Guru menyiapkan gambar-gambar siswa dalam
beberapa kegiatan.
2. Siswa diminta mengamati gambar tersebut
3. Guru mengajukan beberapa pertanyaan berkaian dengan kegunaan bagian tubuh sesuai gambar.
Contoh:
Apa yang kalian lihat pada gambar?
Kegiatan apa yang dilakukan oleh orang-orang yang kamu lihat pada gambar?
Bagian tubuh apa yang digunakan pada kegiatan
tersebut?, dan lain-lain
4. Kemudian, guru membaca teks sederhana tentang alat indra dan fungsinya.
5. Siswa secara bergantian menirukan membaca teks
sesuai contoh.
6. Kemudian siswa berlatih menebalkan huruf yang ada pada buku siswa.
7. Setelah itu, siswa melakukan permainan menyusun
huruf menjadi nama-nama bagian tubuh yang terdiri dari 4 huruf dengan bimbingan guru.
8. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok.
9. Guru membagikan kartu-kartu huruf kepada masing-masing kelompok.
10. Siswa menempelkan hasil kerjanya dkertas/karton.
11. Siswa menyusun huruf-huruf tersebut menjadi kata nama-nama bagian tubuh.
12. Masing-masing kelompok diminta membaca kan kata kata yang sudah dibentuknya.
13. Agar permainan lebih seru, guru menjadikan nya
sebuah kompetisi antarkelompok.
14. Selanjutnya, siswa berlatih menulis dengan cara menebalkan huruf seperti yang ada di buku siswa.
15. Lalu siswa mengulang membaca nyaring
Guru juga menjelaskan bahwa saat membaca, posisi cahaya dan banyaknya cahaya juga penting agar kesehatan mata tetap terjaga.
Guru lalu meminta siswa mendemonstrasikan cara memegang buku dan membalik halamannya. Siswa diminta untuk menerapkan posisi tubuh saat duduk yang tepat serta mengatur posisi antara mata dan buku dengan benar.
Guru mengamati siswa yang sedang melakukan demonstrasi, mengevaluasinya, dan membetulkan cara dan posisi tubuh yang salah.
Guru menutup kegiatan di hari ini dengan menari.
Minta siswa untuk berdiri. Guru memutar musik/memainkan alat musik, lalu minta siswa untuk mendengarkan musik tersebut.
Guru mengajak siswa untuk menggerakkan anggota tubuh, yaitu kepala, badan, tangan, dan kaki sesuai dengan irama lagu yang sedang didengarkan.
Guru memberikan instruksi untuk gerak dasar sebelum siswa berkreasi membuat gerakan sendiri. Instruksi gerak dasar tersebut adalah: Sikap berdiri, pandangan ke depan
Kedua tangan di pinggang
Kedua kaki dibuka, lutut ditekuk
Gerak kepala tengok kanan dan kiri
Siswa bebas menciptakan/mengkreasikan gerakan masing-masing asal sesuai dengan irama lagu/hitungan yang ada di alat musik/musik yang sedang didengarkan.
Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
E. SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Guru dan Buku Siswa, Cetakan Ke-3 (Edisi Revisi), Tema : Diriku, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2016.
Gambar tentang bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain.
Gambar tentang ilustrasi seorang siswa yang sedang membuka dan memegang buku serta pencahayaan yang tepat saat membaca buku.
Alat musik (jika ada) untuk mengiringi siswa menari.
F. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
Keterangan:
BT : Belum Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang () pada kolom yang sesuai
2. Penilaian Pengetahuan
Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
3. Penilaian Ketrampilan
a. Penilaian Unjuk kerja: mendemonstrasikan cara memegang buku dan membalik halamannya
Kriteria
1. Kemampuan mendemons- trasikan posisi tangan saat memegang dan membalik halaman buku
2. Kemampuan mendemons- trasikan posisi cahaya dan pencahayaan yang benar
b. Penilaian Unjuk kerja: Menari dengan hitungan atau sesuai dengan irama lagu
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 5
Nama Sekolah : SD Negeri Purwosari
Kelas / Semester : I (Satu) / I
Tema 1 : Diriku
Sub Tema 2 : Tubuhku
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
Hari, Tanggal :
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.3 Mengenal lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
Indikator
3.3.4 Menunjukkan huruf vokal dalam suatu kata yang terkait dengan tubuhku
3.3.5 Menunjukkan huruf konsonan dalam suatu kata yang terkait dengan tubuhku
4.3.4 Melafalkan huruf vokal suatu kata yang terkait dengan tubuhku
4.3.5 Melafalkan huruf konsonan suatu kata yang terkait dengan tubuhku
Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya
Indikator
3.2.5 Membaca nama bilangan 1 sampai dengan 10
Tujuan pembelajaran:
1. Setelah kegiatan bernyanyi sambil bertepuk, siswa dapat menyanyikan lagu “Kalau Kau Suka Hati” sambil bergerak dengan benar.
2. Setelah mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menunjukkan perilaku tertib dan teratur selama kegiatan.
3. Setelah kegiatan menjiplak, siswa dapat mewarnai gambar dengan menggunakan 4 warna
4. Setelah mewarnai, siswa dapat menggunting dan menempel hasil jiplakan telapak tangan dengan rapi.
C. MATERI PEMBELAJARAN
Bernyanyi sambil Bermain (Syair Lagu: Kalau Kau Senang Hati)
Menjiplak Telapak Tangan
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa pembuka di awal pelajaran.
Mengajak bernyanyi lagu – lagu Nasional
Membaca buku bacaan 15 menit sebelum kegiatan belajar
Inti
Guru mengajak siswa keluar kelas.
Siswa diminta untuk membuat 2 kelompok lingkaran besar.
Siswa diminta menyanyikan lagu “Kalau Kau Senang Hati”
bersama-sama sambil berlatih gerak bertepuk mengikuti irama lagu.
Kata-kata ‘tepuk tangan lalu diganti dengan petik jari, tepuk paha, hentak kaki, dan lakukan semua.
Pada saat kata-kata “lakukan semua” siswa melakukan tepuk tangan, petik jari, tepuk paha, hentak kaki, dan hore secara berurutan.
Masing-masing kelompok diminta untuk menyanyi
secara bergantian.
Kegiatan ditutup dengan guru meminta siswa mencari teman untuk bermain tepuk tangan bersilang secara berpasangan.
Gerakannya adalah sebagai berikut.
a. Masing-masing bertepuk, lalu bertepuk ke kedua tangan teman.
b. Telapak tangan kanan bertepuk dengan telapak
tangan kanan teman.
c. Telapak tangan kiri bertepuk dengan telapak tangan kiri teman.
d. Masing-masing bertepuk, lalu menepuk kedua bahu, lutut, dan memegang ujung jari kaki.
Setelah itu, siswa mendengar penjelasan guru tentang kegiatan menjiplak telapak tangan.
Tema 1 Subtema: Tubuhku
Guru meletakkan 4 macam warna adonan bersamaan dengan 1 tempat air untuk membasahi tangan dan handuk kecil / lap untuk melap tangan.
Siswa dibagi menjadi 4 kelompok. Setiapkelompok
mendapatkan 1 karton manila warna putih yang diletakkan pada tempat yang berbeda.
Setiap siswa dari kelompok diminta meletakkan
telapak tangannya (dibasahi terlebih dahulu) sambil ditekan di atas adonan dengan warna yang berbeda dan mencetaknya di karton sehingga terdapat 4 warna cetakan telapak tangan siswa.
Setelah mencetak siswa mencuci tangannya dan
melapnya.
Guru memberi nama pada tiap cetakan telapak tangan dan biarkan mengering (dapat dipajang di kelas).
Guru menjelaskan untuk mendapatkan hasil yang baik pada saat menjiplak, telapak tangan ditekan yang kuat dan tidak bergerak, setelah cetakan telapak tangan selesai, siswa diminta mengganti cetakan tersebut.
Guru memberi contoh cara memegang dan menggunting dengan benar.
Siswa diminta menggunting, dan menempel di karton yang telah disediakan oleh guru.
Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
E. SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Guru dan Buku Siswa, Cetakan Ke-3 (Edisi Revisi), Tema : Diriku, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2016.
Kartu-kartu huruf dari a-z minimal sebanyak 3 set (atau disesuaikan dengan jumlah kelompok yang dibentuk).
Kartu-kartu huruf vocal minimal sebanyak 3 set (atau disesuaikan dengan jumlah kelompok yang dibentuk).
Kartu bilangan sebanyak 2 set.
F. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
Keterangan:
BT : Belum Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang () pada kolom yang sesuai
2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis tentang huruf penyusun nama anggota tubuh
3. Penilaian Ketrampilan
Penilaian Unjuk kerja: membilang lambang bilangan dan membaca namanya
Penilaian Unjuk kerja: membilang lambang bilangan dan membaca namanya
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARA (RPP) 6
Nama Sekolah : SD Negeri
Kelas / Semester : I (Satu) / I
Tema 1 : Diriku
Sub Tema 2 : Tubuhku
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
Hari, Tanggal :
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.3 Mengenal lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
Indikator
3.3.6 Menyusun huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang bermakna yang terkait dengan tubuhku.
4.3.6 Menggunakan huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang bermakna dalam kalimat yang terkait dengan dengan tubuhku
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Indikator
3.2.6 Menyebutkan hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan menjaga kesehatan tubuh di rumah
Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat
Indikator
4.2.5 Menuliskann bilangan (1 sampai dengan 10) sesuai dengan banyak anggota kumpulan objek yang diberikan
Tujuan pembelajaran:
1. Dengan bermain siswa, dapat meng gerakkan kaki sesuai petunjuk permainan.
2. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menunjukkan kegiatan yang menggunakan kaki.
3. Setelah bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan kegunaan kaki.
C. MATERI PEMBELAJARAN
Tapak Gunung (Permainan Menggunakan Gerakan Kaki)
Mengamati Gambar dan Mendiskusikan Hasil Pengamatan Gambar
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Guru memberikan salam dan doa pembuka di awal pelajaran.
Menyanyikan lagu – lagu Nasional
Membacakan buku bacaan 15 menit sebelum kegiatan belajar dimulai
Inti
Guru membuka pelajaran dengan menceritakan
pentingnya memiliki kaki (jika memungkinkan guru dapat
menayangkan cuplikan-cuplikan video yang menunjukkan pentingnya kaki).
Guru menyampaikan bahwa dalam permainan pun kita banyak menggunakan kaki.
Guru bertanya permainan apa saja yang meng gunakan kaki.
Guru menyampaikan salah satunya adalah pada
permainan Tapak Gunung.
Siswa diajak ke luar kelas untuk bermain Tapak Gunung.
Siswa diminta berbaris dengan rapi dan tertib.
Guru memandu siswa melakukan gerakan-gerakan di tempat baik gerakan tangan, kaki, kepala, pinggul dan sebagainya untuk pemanasan.
Kemudian guru meminta siswa untuk berlari beberapa putaran (guru menyesuaikan)
Guru meminta siswa membentuk kelompok (jumlah disesuaikan dengan jumlah murid di sekolah).
Guru menggambar sarana bermain tapak gunung
(engklek) di atas area bermain.
Guru menjelaskan aturan dan tata tertib pemainan,
serta pentingnya mengikuti aturan/tata tertib dalam
permainan.
Masing-masing siswa diminta mencari gacoan (pecahan genting, atau koin).
Kemudian siswa melakukan permainan tapak gunung berkelompok.
Guru mengamati dan mengarahkan siswa selama
bermain.
53
Tema 1 Subtema: Tubuhku
Setelah selesai guru mengajak siswa mendiskusikan halhal yang dapat diambil sebagai pelajaran dari permainan tersebut.
Setelah diskusi, guru menyampaikan informasi bahwa siswa akan melihat lebih jauh kegiatan-kegiatan lain yang mengguna kan kaki.
Siswa diminta mengamati gambar di buku siswa.
Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang sedang diamati dengan pertanyaan-pertanyaan terbuka yang membuat siswa menggunakan kemampuan berpikir kritis misalnya guru menanyakan apa yang dapat siswa amati dari gambar tersebut, apa hubungan gambar-gambar tersebut dengan pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya.
Siswa diminta memberikan contoh-contoh kegiatan
lain yang berhubungan dengan kegunaan kaki.
Setelah diskusi siswa diminta mengerjakan lembar
kerja yang berhubungan dengan kegunaan kaki, dan perilaku yang baik dalam menggunakan kaki.
Sebagai penutup guru menanyakan kembali kegiatankegiatan yang menggunakan kaki.
Guru menyampaikan bahwa kita harus bersyukur
mempunyai kaki yang sangat berguna.
Penutup
Kegiatan hari itu ditutup dengan melakukan pendinginan. Siswa beristirahat sambil duduk meluruskan kaki dan minum.
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
E. SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Guru dan Buku Siswa, Cetakan Ke-3 (Edisi Revisi), Tema : Diriku, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2016.
Kapur tulis untuk menggambar sarana bermain Tapak Gunung
Gambar kegiatan sehari-hari yang menggunakan kaki
F. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
Keterangan:
BT : Belum Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang () pada kolom yang sesuai
2. Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis
3. Penilaian Ketrampilan
a. Penilaian Unjuk kerja: membaca nyaring
b. Penilaian Unjuk kerja: menulis lambang bilangan
Kegiatan Pengayaan
1. Siswa menyusun huruf-huruf penyusun nama bagian-bagian tubuh secara mandiri tanpa melihat kartu nama yang telah dibuat oleh guru.
2. Siswa mengeksplorasi panca indera dengan cara: Mengamati dan mengidentifikasi benda apa saja yang ada di kelas
- Meraba tekstur benda di sekitar kelas dengan kulit
- Mencium aroma tanaman yang ada di kelas (jika ada)
- Mengecap rasa dari berbagai jenis makanan/buah/sayur yang telah disediakan oleh guru
Kegiatan Remedial
1. Guru membantu siswa mengenal bagian-bagian tubuh: Guru membentangkan gambar bagain tubuh
- Siswa mengamati gambar tersebut
- Siswa mengikuti ucapan guru untuk menyebutkan nama bagian tubuh
- Siswa melihat bagian tubuh yang ditunjuk oleh guru saat guru menyebutkan nama bagian tubuh tersebut
2. Guru membantu siswa mengenal panca indera dan fungsinya Guru membentangkan gambar panca indera
- Siswa mengamati gambar tersebut
- Siswa mengikuti ucapan guru untuk menyebutkan nama panca indera dan fungsinya
- Siswa menunjuk panca indera sendiri saat guru menyebutkan nama panca indera tersebut
3. Guru membantu siswa membaca lambang dan nama bilangan Guru menyusun kartu bilangan dari 1 sampai dengan 10 secara berurutan
- Siswa menirukan guru membaca nama bilangan dari 1 sampai dengan 10 saat guru menunjukkan lambang bilangannya
- Guru lalu menunjukkan kartu nama bilangan
- Siswa menirukan ucapan guru saat dibacakan nama bilangannya
- Satu per satu guru memasangkan nama bilangan dan lambangnya serta cara mengucapkannya.
- Siswa diminta mengulangi sendiri, satu per satu berulang-ulang mulai dari bilangan 1 sampai dengan 10.
0 Response to "RPP K13 Kelas 1 Tema Diriku sub Tema Tubuhku Pembelajaran 1-6"
Post a Comment